Iran Diskon Harga Minyak

Bendera Iran berkibar di lapangan minyak Soroush di Teluk Persia, Iran. - Reuters/Raheb Homavandi
06 Mei 2019 07:07 WIB Dika Irawan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Iran telah memobilisasi semua sumber daya untuk menjual minyak di pasar abu-abu, menyusul pengetatan sanksi dari Amerika Serikat.

 “Kami telah memobilisasi semua sumber daya negara dan menjual minyak di pasar abu-abu,” kata kantor berita IRNA mengutip pernyataan Wakil Menteri Perminyakan Amir Hossein Zamainia, Minggu (5/5/2019). 

Namun, dia tidak memberikan informasi secara terperinci maksud dari pasar abu-abu tersebut. Akan tetapi, Iran secara luas dilaporkan telah menjual minyak dengan diskon besar dan sering melalui perusahaan swasta.

“Kami tentu saja tidak menjual 2,5 juta barel per hari seperti di bawah [kesepakatan nuklir]. Kami perlu mengambil keputusan serius tentang manajemen keuangan dan ekonomi.”

Zamaninia menegaskan hal tersebut bukan penyelundupan, melainkan upaya melawan sanksi rival abadinya tersebut.

AS tahun lalu menarik diri dari perjanjian nuklir Iran 2015 dengan kekuatan dunia. Negeri Paman Sam itu telah mengatakan kepada pembeli minyak Iran untuk menghentikan pembelian pada 1 Mei atau menghadapi sanksi.

Sementara Iran menyatakan akan terus mengekspor minyak. Iran menentang sanksi AS yang bertujuan menghentikan program rudal balistik Teheran dan mengekang kekuatan regionalnya.

Sumber : Reuters