Advertisement

CEK FAKTA: Prabowo Sebut Anggaran Pertahanan Singapura 30%, Benarkah?

Newswire
Minggu, 31 Maret 2019 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
CEK FAKTA: Prabowo Sebut Anggaran Pertahanan Singapura 30%, Benarkah? Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Debat keempat calon presiden berlangsung di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Isu pertahanan menjadi salah satu pembahasan sengit di debat ini. Prabowo mengklaim, anggaran pertahanan Indonesia sangatlah kecil jauh dari anggaran pertahanan negara tetangga, Singapura.

Advertisement

Prabowo menyebut, pertahanan Indonesia sangat lemah, karena tidak punya uang. Menurut dia, jika dihitung, anggaran pertahanan Indonesia hanya sekitar 5 persen dari APBN.

"Karena harta kita tinggal di luar negeri," ucap Prabowo.

Ia pun membandingkan dengan Singapura. Di mana kata Prabowo, anggaran pertahanan Singapura mencapai 30% dari GDP negara tersebut.

Prabowo membandingkan anggaran pertahanan Indonesia dengan Singapura yang menurutnya mencakup 30% dari GDP negeri tetangga tersebut.

Lalu bagaimana fakta sebenarnya dengan kondisi anggaran pertahanan negara Singapura?

Melansir laman Straits Times, disebutkan, Pemerintah Singapura menganggarkan dana sekitar 30% untuk pertahanan, keamanan, dan diplomasi.

Dalam artikelnya, Straits Times menulis judul: "Anggaran Singapura 2019: 30% dari total pengeluaran yang disisihkan untuk upaya pertahanan, keamanan dan diplomasi".

"Sekitar 30 persen dari total pengeluaran Pemerintah tahun ini disisihkan untuk mendukung upaya pertahanan, keamanan dan diplomasi, yang merupakan "pengeluaran yang signifikan namun sangat diperlukan", kata Menteri Keuangan Heng Swee Keat," tulis Straits Times dalam artikelnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement