Advertisement

Setelah Rommy, Dua Tersangka Lain Bakal Diperiksa Hari Ini

Ilham Budhiman
Jum'at, 29 Maret 2019 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Setelah Rommy, Dua Tersangka Lain Bakal Diperiksa Hari Ini Tersangka kasus dugaan suap terkait seleksi pengisian jabatan di Kementerian Agama, Romahurmuziy berada dalam mobil tahanan seusai menjalani pemeriksaan perdana, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (22/3/2019). - ANTARA/Reno Esnir

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Dua dari tiga tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di lingkungan Kementerian Agama 2018--2019, dijadwalkan akan menjalani pemeriksaaan pada Jumat (29/3/2019).

Kedua tersangka yang akan diperiksa adalah Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kab. Gresik Muhamad Muafaq Wirahadi.

Advertisement

"Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RMY [Romahurmuziy]," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, dalam pesan singkat, Jumat (29/3/2019).

KPK terus menggali keterangan guna menelusuri aliran dana suap dari para tersangka. Sebelumnya, keterangan aliran dana juga didalami KPK dari saksi ASN di Kemenag Kanwil Jogja Abdul Rochim.

Sejauh ini KPK terus menggarap sejumlah saksi yang relevan. Termasuk Sekjen Kemenag M. Nur Kholis, yang saat itu menjadi Ketua Panitia Seleksi pimpinan Tinggi Kemenag. 

Usai diperiksa KPK Nur Kholis memberi keterangan kepada wartawan soal proses seleksi pengisian jabatan.

"Apa yang kami lakukan sesuai dengan SOP yang ada, sesuai dengan regulasi yang menjadi dasar dari kami melakukan kerja sebagai panitia seleksi," ujar Nur Kholis, Rabu (27/3/2019). 

Dalam perkara ini, tersangka mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy diduga telah menerima uang suap senilai Rp300 juta dari tersangka Haris Hasanuddin dan Muhamad Muafaq Wirahadi. Rinciannya, Rp250 juta dari Haris dan Rp50 juta dari Muafaq.

Suap itu diduga diberikan demi memuluskan proses pengisian jabatan di Kemenag Jatim.

KPK menduga tersangka Rommy terlibat juga dalam proses pengisian jabatan untuk wilayah lain. Rommy  diduga tidak sendirian dalam menerima aliran suap itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 27 April 2024: Hujan Sedang di Siang Hari

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement