Ini Dia,11 Pemuda Indonesia Berkontribusi Memajukan Masyarakat ASEAN

Ilustrasi ASEAN. - ASEAN
20 Februari 2019 22:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Sebanyak 11 pemuda Indonesia mengikuti workshop regional pengembangan kapasitas dan pengenalan eMpowering Youths Across ASEAN di Chulalongkorn University, Bangkok. Workshop ingin memberdayakan 100 pemuda di ASEAN dalam menerapkan proyek kemasyarakatan di Kamboja, Indonesia dan Malaysia. 

Workshop regional dibuka dengan seremoni peluncuran program yang dihadiri Prof. Suthiphand Chirathivat, Executive Director of ASEAN Studies Centre of Chulalongkorn University dan Lee Yoong Yoong, Director of Community Affairs of the ASEAN Secretariat yang menyampaikan sambutan, diikuti dengan pembicara utama H.E. Vijavat Isarabhakdi, Penasihat Menteri Luar Negeri Thailand. Nora Abdul Manaf, Group Chief Human Capital Officer Maybank, yang juga menyampaikan sambutan selamat datang, yang menekankan pentingnya program ini.

Nora menjelaskan, pihaknya percaya bahwa pemuda hari ini adalah generasi masa depan. Oleh karena itu, fokusnya adalah pada program berkelanjutan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam jangka panjang serta memberikan manfaat ekonomi yang dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan masyarakat di tempat kami beroperasi, khususnya ASEAN.

"Hal ini tentu saja penuh tantangan-namun itikad kami adalah untuk memberikan setiap orang kesempatan yang adil untuk berkembang di bidangnya masing-masing dengan harapan mereka dapat berbagi juga kepada masyarakat," katanya, Rabu (20/2/2019).

Workshop regional ini merupakan tonggak penting bagi eMpowering Youths Across ASEAN karena berperan membekali seluruh peserta dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk keberhasilan mereka dalam menerapkan proyek mereka di wilayah masyarakat yang telah dipilih di Kamboja, Indonesia dan Malaysia selama dua minggu.

Dalam 5 hari workshop, para peserta dibagi menjadi 10 kelompok sesuai dengan penempatan negara dan pemilihan tema, akan dilatih untuk mengembangkan rencana proyek yang mencakup berbagai masalah-masalah pembangunan yang akan membantu mereka untuk menerapkan program kemasyarakatan mereka .

Turut hadir dalam workshop perwakilan dari 10 Civil Society Organisations (CSOs) dari Kamboja, Indonesia dan Malaysia, yang akan bermitra dengan para peserta pada pelaksanaan proyek selama dua minggu. Peran CSOs akan sangat penting tidak hanya dalam memberikan wawasan tentang situasi sosial, ekonomi dan politik di wilayah proyek kepada para peserta, tetapi juga dalam memastikan bahwa kegiatan para peserta dapat berlangsung secara berkesinambungan dengan menyerahkan pengelolaan proyek kepada CSOs.

Selama sesi pengenalan ASEAN Foundation, Elaine Tan, Executive Director of ASEAN Foundation menekankan workshop ini selaras dengan semangat Thailand s ASEAN Chairmanship 2019. Workshop regional ini berfungsi sebagai platform strategis untuk menyambut Thailand s ASEAN Chairmanship 2019.

Workshop ini merangkul para stakeholders di ASEAN, seperti Sekretariat ASEAN, pemuda agen perubahan, CSOs dan perwakilan pemerintah, untuk memastikan dampaknya yang berkelanjutan, selaras dengan tagline Thailand s Chairmanship yaitu 'Meningkatkan Kemitraan yang Berkelanjutan', kata Elaine.

EMpowering Youths Across ASEAN merupakan program kemitraan antara Maybank Foundation dan ASEAN Foundation yang terdiri dari pendampingan, pelatihan kepemimpinan regional, dan proyek kemasyarakatan lokal di masing-masing negara. Program kemasyarakatan ini diinkubasi untuk ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang menjadi social enterprise di seluruh wilayah untuk menjadi inisiatif utama di Asia Tenggara dalam mempercepat partisipasi pemuda dan dampak bagi masyarakatnya.

Program ini dimulai dengan kesadaran bahwa masa depan ASEAN ada di tangan pemuda, energi serta kreativitas mereka dapat disalurkan dalam kegiatan yang penuh tantangan dan bertujuan untuk memperkuat hubungan masyarakat, mendorong kesukarelaan dan filantropi, serta menghasilkan solusi yang inovatif untuk menghadapi tantangan sosial-ekonomi.

Program eMpowering Youths Across ASEAN adalah lanjutan dari program percontohan Maybank dan Maybank Foundation yang dimulai di Singapura pada 2016 dan melibatkan lebih dari 200 mahasiswa National University of Singapore, Nanyang Technological University, dan Singapore Management University. Program tersebut kemudian diperluas ke tingkat regional untuk menjangkau lebih banyak pemuda di kawasan ASEAN yang membuat dampak yang lebih besar kepada masyarakat. Program ini akan berperan dalam membantu tercapainya tujuan yang tercetus dalam ASEAN Socio-Cultural Community Blueprint 2025 dan United Nations Sustainable Development Goals.

Sumber : Antara