Advertisement

Jelang Pilpres, Seorang Wartawan Tewas Ditembak di Meksiko Selatan

Newswire
Minggu, 01 Juli 2018 - 11:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Jelang Pilpres, Seorang Wartawan Tewas Ditembak di Meksiko Selatan Ilustrasi penembakan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, MEXICO CITY-Seorang wartawan Meksiko dibunuh di negara bagian Quintana Roo, kata pihak berwenang pada Sabtu (30/6/2018), sebelum pemilihan presiden yang diwarnai kekerasan.

Jose Guadalupe Chan Dzib dibunuh di desa Saban, kotapraja Jose Maria Morelos, kata pemerintah dalam satu pernyataan. Media lokal melaporkan bahwa ia ditembak hingga mati di sebuah bar sekitar pukul 22.00 waktu setempat pada Jumat.

Advertisement

"Kami mengutuk insiden ini dan meminta kantor kejaksaan agung agar menyelidikinya," demikian pernyataan itu. "Kami mengulangi kembali komitmen kami untuk menjamin pemilihan berlangsung damai pada Ahad, 1 Juli."

Para pemilih menuju ke tempat-tempat pemungutan suara pada Ahad, dengan Andres Manuel Lopez Obrador diperkirakan jadi pemenang dalam pemilu. Pemilihan tahun 2018 di Meksiko telah menjadi salah satu peristiwa yang paling rawan dalam sejarah modern karena puluhan politisi terbunuh di seantero negeri itu.

Meksiko merupakan salah satu negara yang paling berbahaya di dunia bagi wartawan. Sebanyak 45 wartawan telah dibunuh di Meksiko sejak tahun 1992 menurut Komite untuk Melindungi Wartawan yang berbasis di Amerika Serikat.

Quintana Roo sebelumnya merupakan salah satu negara bagian yang paling aman, dengan banyak turis berdatangan dan resor-resor Karibia, tetapi keamanan telah memburuk cepat dalam beberapa tahun terakhir karena kelompok-kelompok kriminal berkelahi untuk menguasai pasar-pasar obat bius yang mendatangkan keuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement