Advertisement

Mesin Pesawat Southwest Pecah dan Terlontar Menjebol Jendela Penumpang, Satu Tewas

Nugroho Nurcahyo
Rabu, 18 April 2018 - 03:49 WIB
Nugroho Nurcahyo
Mesin Pesawat Southwest Pecah dan Terlontar Menjebol Jendela Penumpang, Satu Tewas Petugas Bandara Philadelphia memeriksa mesin pesawat yang jebol. - CNN

Advertisement

Harianjogja.com, PHILADELPHIA-Satu penumpang Southwest Airlines tewas setelah pecahan komponen mesin pesawat yang terlontar memecah jendela.

Pesawat jenis Boeing 737 itu mendarat darurat di Bandara Philadelphia, Amerika Serikat, Selasa (17/4/2018) dengan tutup mesin kiri sobek dan sebuah jendelanya jebol.

Advertisement

Pejabat Dewan Keamanan Transportasi Nasional (Transportation Safety Board/NTSB) pada Selasa waktu AS, membenarkan adanya korban tewas dalam insiden itu. Namun otoritas itu tidak merilis identitas korban.

Akibat kejadian itu, satu penumpang juga harus dilarikan ke rumah sakit dan beberapa dilaporkan terluka.

“Satu penumpang, wanita, tersedot keluar dari jendela pesawat, dan beberapa penumpang lainnya menariknya kembali ke dalam,[pesawat] lagi,"  kata Todd Burr, salah satu penumpang kepada NBC10.

Southwest Airlines menyatakan ada 143 penumpang dan lima kru di dalam pesawat saat insiden terjadi.

Seorang penumpang, Marty Martinez, sempat mengabadikan momen itu dengan membuat live video di akun Facebook miliknya lalu mempostingnya. Di video itu, tampak ia dan penumpang lainnya mengenakan masker oksigen.

Ia memberikan caption, "Ada sesuatu yang salah dengan pesawat kami! Tampaknya kami meluncur ke bawah! Pendaratan darurat! Penerbangan Southwest dari NYC ke Dallas!!"

Setelah pesawat berhasil mendarat, Marty masih sempat memotret jendela yang jebol di dekat mesin pesawat lalu mempostingnya.

Dilansir CNN,  Marty Martinez mengatakan kepada media itu, ia  duduk dua baris di belakang kursi yang bagian jendelanya jebol terpukul bagian mesin.

Orang-orang di dalam pesawat semuanya panik, menjerit histeris, ada yang menangis dan sebagian besar mencoba mengirim pesan atau menelepon melalui ponsel mereka tapi gagal.

Martinez menceritakan, seorang penumpang lanjut usia yang duduk di jendela yang jebol sebagian badannya tersedot keluar melalui lubang jendela.

"Dia tidak tampak seperti sedang tersedot keluar pesawat. Namun lengan dan sebagian tubuhnya tersedot. Dari tempat aku duduk tampak wanita itu tertarik keluar. Penumpang di depanku, yang ada di belakangnya memeganginya, berupaya menahan wanita itu agar tak semakin terhisap keluar," kata Martinez.

Bandara Philadelphia mencuit dalam twitter resminya, penerbangan 1380 dari  La Guardia Airport New York tujuan Dallas mendarat dengan selamat di Philadelphia dan para penumpang sudah dievakuasi ke terminal.

Tidak ada informasi yang disampaikan otoritas bandara itu dengan lebih detail lagi di cuitannya.

Dari informasi data penerbangan di FlightRadar24, tercatat pesawat itu mengurangi ketinggian dari 30.000 kaki ke 13.000 kaki dalam lima menit.

Keseluruhan proses mendarat memakan waktu sekitar 15 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Telegraph, CNN

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ganjar Tidak Mendapat Undangan Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih 2024 Hari Ini

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement