Advertisement

Jokowi Mulai Siap-Siap Tinggalkan Istana, Ini Barang-Barang yang Dikemasi

Akbar Evandio & Dany Saputra
Rabu, 09 Oktober 2024 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Jokowi Mulai Siap-Siap Tinggalkan Istana, Ini Barang-Barang yang Dikemasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tak lebih dari dua pekan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera melepas jabatannya dan meninggalkan Istana Negara.

Jokowi disebut sudah mulai bersiap untuk meninggalkan Istana Negara jelang berakhirnya jabatan pada 20 Oktober 2024. Dia bahkan disebut sudah mulai mengemasi barang-barangnya.

Advertisement

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkap reaksi Presiden Jokowi saat mengemasi barang-barangnya di Istana setelah 10 tahun menghuni bangunan tersebut. "'Aduh, packing pening kepala,' Sudah packing, sudah mulai packing," ujar Pratikno menirukan omongan Jokowi saat ditanya oleh wartawan, Selasa.

Pria yang juga telah menemani Jokowi selama satu dekade sebagai Mensesneg itu juga menyebut, di antara barang-barang yang sudah mulai dikemasi Kepala Negara adalah buku hingga batik.

Pratikno mengungkap dia sempat meminta salah satu koleksi batik mantan Wali Kota Solo itu. "Ada buku, ada segala macam. Saya saja minta sama presiden 'Itu koleksi bapak batik bagus-bagus, saya lihat di setiap acara batiknya Pak Presiden itu kan relatif sering ganti ya, saya juga berminat Pak'. Saya minta satu," kelakarnya.

BACA JUGA: 2 Pekan Jelang Lepas Jabatan, Jokowi Banyak Bagikan Momen bareng Prabowo

Selain mempersiapkan barang-barang pribadinya, Jokowi turut memastikan kesiapan acara pelantikan presiden dan wakil presiden baru nantinya.

Presiden ke-7 itu kini sudah menandatangani sejumlah undangan untuk kepala negara sahabat yang akan hadir pada pelantikan Prabowo Subianto–Gibran Rakabuming.

Persiapan undangan kepada negara sahabat itu juga dikoordinasikan dengan Prabowo serta Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Kementerian Sekretariat Negara (Setneg). Sementara itu, nantinya Jokowi dijadwalkan bakal langsung pulang ke kampung halamannya di Solo pada hari yang sama. "Nanti kita atur, jadi pokoknya [naik pesawat] komersil juga sudah siap," pungkas Pratikno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sebut Rerata Konsumsi Air Warga Gunungkidul Capai 90 Liter Per Jiwa Per Hari

Gunungkidul
| Rabu, 09 Oktober 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Bikin Seru Staycation Anda di Oktofest Super Sale Hotel Grand Rohan Jogja

Wisata
| Senin, 07 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement