Advertisement

Mendes Klaim Dana Desa Berhasil Tingkatkan Kualitas Hidup Warga

Newswire
Rabu, 28 Agustus 2024 - 12:37 WIB
Ujang Hasanudin
Mendes Klaim Dana Desa Berhasil Tingkatkan Kualitas Hidup Warga Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar dalam pembukaan ASEAN Rural Culture Expo di Tebing Breksi, Sleman, Rabu (27/7/2023). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menyampaikan bahwa pemanfaatan dana desa sejak tahun 2015–2023, berhasil meningkatkan kualitas hidup warga dan memajukan pembangunan desa.

Advertisement

Menurut menteri yang akrab disapa Gus Halim itu, keberhasilan pemanfaatan dana desa itu dapat dilihat dari sejumlah capaian, seperti pembangunan 350.777 kilometer jalan desa hingga 1.742.886 sarana air bersih.

"Capaian output, yaitu 350.777 kilometer jalan desa, 6.706 embung, 603.348 unit irigasi, 33.897 unit sarana olahraga, 536.907 unit MCK, dan 1.742.886 sarana air bersih,” kata Gus Halim, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut dia sampaikan dalam Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pendataan Desa bagi Pendamping Desa di Jakarta, Selasa (27/8).

Dalam kesempatan yang sama, Gus Halim mengatakan bahwa capaian-capaian itu juga menjadi bukti komitmen kuat pemerintah dalam mempercepat pembangunan desa. Pemanfaatan desa, senantiasa diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional serta pemerataan kesejahteraan di Indonesia.

BACA JUGA: Realiasi Dana Desa di DIY Triwulan Pertama 2024 Tumbuh 39,52 Persen

Di penghujung masa jabatannya, Gus Halim mengingatkan pentingnya mengukur kemajuan desa melalui berbagai indikator yang mencerminkan peningkatan kualitas hidup, ekonomi, infrastruktur, dan kesejahteraan masyarakat.

“Indeks Desa harus menjadi sebuah jawaban, alat yang digunakan untuk mengukur tingkat kemajuan dan kemandirian di suatu desa. Itulah pentingnya acara sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) ini,” ujar dia.

Lalu, dalam kegiatan bimtek itu, Gus Halim juga menyampaikan permintaan maaf kepada peserta dan jajaran Kemendes PDTT yang hadir, apabila ia pernah membuat kesalahan selama menjabat sebagai Mendes PDTT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Layanan Perpanjangan SIM Tersedia di Alun-alun Kidul, Sabtu 14 September 2024

Jogja
| Sabtu, 14 September 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement