Advertisement

Pilkada Jakarta, Pasangan Bakal Calon Wajib Bawa Dokumen Persyaratan Saat Mendaftar

Newswire
Selasa, 27 Agustus 2024 - 18:07 WIB
Maya Herawati
Pilkada Jakarta, Pasangan Bakal Calon Wajib Bawa Dokumen Persyaratan Saat Mendaftar Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pasangan bakal calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta diwajibkan membawa dokumen persyaratan untuk mendaftar Pilkada Jakarta.

"Terdiri dari surat keputusan (SK) pengurus parpol tingkat pusat, SK pengurus parpol tingkat Provinsi Jakarta, model B persetujuan parpol yang bisa disiapkan sesuai PKPU 10 tahun 2024," kata Ketua Bidang Teknis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Dody Wijaya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Advertisement

Dody mengatakan semua dokumen itu harus diberikan ke KPU secara fisik dan diunggah melalui aplikasi Sistem Informasi (Silon).

 Selain itu, terdapat dokumen lain yang juga perlu dipersiapkan meliputi ijazah Surat Tanda Lulus (SLT) atau sederajat yang telah dilegalisir.

Kemudian, SK tidak pernah pidana dari Pengadilan Negeri, SK tidak pernah melakukan perbuatan tercela berupa Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), SK tidak memiliki tanggungan utang, dan SK tidak pernah pailit.

"Dokumen-dokumen syarat lainnya, termasuk SK sehat jasmani, rohani dan bebas penyalahgunaan narkotika dan lain sebagainya sesuai peraturan KPU Nomor 8 dan 10 tahun 2024," tambahnya.

Pada hari pertama pendaftaran Pilkada DKI ini, belum ada bacagub dan bacawagub yang mendaftar ke KPU DKI.

BACA JUGA: Proyek Tol Jogja-YIA, 267 Bidang Tanah di Kulonprogo Sudah Dinilai Tim Appraisal

Namun ditegaskan, KPU DKU tetap membuka meja pelayanan (help desk) untuk partai politik (parpol) yang ingin berkonsultasi terlebih dahulu.

Pelaksanaan pendaftaran Pilkada DKI ini sesuai Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

Pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI selama dua hari pertama 27-28 Agustus berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada 29 Agustus dilaksanakan pukul 08.00 hingga 23.59 WIB.

Pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono serta Dharma Pongrekun dan Kun Wardana mendaftar Pilkada ke KPU DKI pada 28-29 Agustus 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyebut bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat pada 30 Agustus sebagai salah satu tahapan pendaftaran Pilkada DKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja Kutoarjo Akhir Pekan Ini, 14-15 September 2024

Jogja
| Sabtu, 14 September 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement