Advertisement

KPU Siapkan Pendirian Akademi Pemilu untuk Memajukan Demokrasi

Newswire
Selasa, 20 Agustus 2024 - 19:27 WIB
Maya Herawati
KPU Siapkan Pendirian Akademi Pemilu untuk Memajukan Demokrasi Ilustrasi pemungutan suara. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan pendirian Akademi Pemilihan Umum (Pemilu) untuk menyiapkan penyelenggara pemilu yang mumpuni.

Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin mengatakan langkah tersebut sebagai upaya untuk turut memajukan demokrasi, politik dan pemilu di Indonesia.

Advertisement

"KPU juga sedang berupaya untuk turut memajukan demokrasi, politik dan pemilu di Indonesia dengan pendirian Akademi Pemilihan Umum di mana diharapkan adanya jenjang pendidikan yang dapat menyiapkan penyelenggara pemilu yang matang, kompeten dan profesional," kata Afif dalam sambutannya di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Dia juga berharap kehadiran Akademi Pemilu dapat memenuhi harapan rakyat terkait pemilu yang akuntabel dan transparan.

BACA JUGA: Game Black Myth: Wukong Dirilis Hari Ini, Sedot Jutaan Orang Main Bareng

"Nantinya di Akademi Pemilihan Umum akan dipelajari tentang kepemiluan, tata kelola keuangan partai politik, dana kampanye, logistik pemilu dan berbagai hal lain tentang pelaksanaan pemilu," ujarnya.

Sebagai informasi, KPU menggelar rapat Konsolidasi Nasional Kesiapan Pilkada Serentak 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa.

Hal ini untuk memberikan pemahaman yang sama di antara jajaran KPU terhadap ketentuan yang harus dipedomani guna menindaklanjuti isu strategis demi kesuksesan Pilkada Serentak 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh 3.743 orang peserta yang terdiri atas peserta KPU RI sekitar 406 orang, KPU provinsi/KIP Aceh 246 orang, KPU kabupaten/kota 3.084 orang, serta narasumber tamu undangan dari kementerian/lembaga tujuh orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tanaman Cabai di Galur Terserang Hama, Dinas Pertanian Kulonprogo Lakukan Ini

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement