Advertisement

Peringati HAN 2024, 300 Anak Mengikuti Ajang Santri Bahagia Akbar di Omah Kecebong Jogja

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 26 Juli 2024 - 02:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Peringati HAN 2024, 300 Anak Mengikuti Ajang Santri Bahagia Akbar di Omah Kecebong Jogja Sebanyak 300 santri yang hadir berasal dari 8 pondok pesantren dari 5 Kabupaten - Kota di DIY turut mensemarakkan Hari Anak Nasional 2024 yang diperingati setiap 23 Juli lalu. ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 300 santri yang hadir berasal dari 8 pondok pesantren dari 5 Kabupaten/Kota di DIY turut mensemarakkan Hari Anak Nasional 2024. Para santri ini tampil menghabiskan waktu seru-seruan dengan beragam aktifitas seru, menyenangkan, mendidik sekaligus menginspirasi dalam ajang Santri Bahagia Akbar di Omah Kecebong, Sleman.

Santri Bahagia Akbar tersebut digelar berkat kolaborasi istimewa dari Baitulmaal Munzalan Indonesia Yogyakarta, relawan Paskas (Pasukan Amal Sholeh) dan Omah Kecebong, sebuah destinasi wisata alam dan budaya Jawa yang berada di kawasan Cebongan Mlati, Sleman.

Advertisement

BACA JUGA: Hari Anak Nasional, 7 Anak Binaan Mendapat Remisi, Tiga di Antaranya Langsung Bebas

"Para santri ini berpartisipasi dengan semangat dan keceriaan dalam sejumlah aktifitas seperti mengaji bersama, fun games, berfoto dan bervideo, tampil di Pentas Santri, mendengarkan dongeng serta tentu saja menikmati sajian kuliner melimpah yang lezat serta dihidangkan dengan nuansa khas Omah Kecebong," kata Relawan Paskas, Khamzah Beriasta melalui siaran persnya, Kamis (26/7/2024)

Dia menyampaikan, secara keseluruhan kegiatan Santri Bahagia Akbar merupakan sebuah ikhtiar melayani memuliakan dan Mlmembahagiakan santri yatim dan penghafal Alquran.

"Hal ini sesuai dengan hadis Nabi, yang bersabda salah satu amalan yang paling Allah cintai adalah memasukkan perasaan bahagia terhadap mu'min lainnya. Dan juga kami ingin sesurga bersama Rasulullah, sebagai hadis nabi bahwa siapa yang mengurus anak yatim seperti ini di surga," katanya.

Menurut Khamzah, saat menggagas awal acara Santri Bahagia Akbar itu, Omah Kecebong menjadi pihak pertama yang diajak untuk berkolaborasi karena selalu mendukung setiap kegiatan/dakwah yg berkaitan dengan anak anak panti/pondok.

"Penggagas Omah Kecebong saat itu dengan semangat menyambut baik ide cemerlang dan menyanggupi untuk dapat menerima kedatangan hingga 300 santri anak. Padahal awalnya hanya mentargetkan 50-100 santri panti asuhan dan pondok Tahfiz saja," katanya.

Sementara itu, penggagas Omah Kecebong, Hasan Setyo Prayogo mengaku sangat bahagia sekaligus terharu bisa berkolaborasi bersama Baitulmaal Munzalan Indonesia Yogyakarta, sekaligus menjadi tuan rumah kedatangan ratusan santri anak-anak untuk bergembira dan beraktifitas di lokasi tersebut.

"Momen Hari Anak Nasional 2024 terasa sangat istimewa. Allah telah memberikan nikmat yang tidak dapat dihitung kepada saya dan Omah Kecebong," katanya.

"Dengan turut mendukung acara ini, seberapa yang bisa saya berikan kepada anak anak calon penghuni surga ini dibandingkan dengan apa yang sudah saya nikmati. Senang sekali bisa melihat mereka semua tersenyum. Terima kasih saya sampaikan setulusnya kepada semua donatur, orang-orang baik hati yang turut mendukung terwujudnya acara ini," katanya.

Penguru Baitulmaal Munzalan Indonesia Yogyakarta, Yudhistira menjelaskan bahwa selain acara santri Bahagia Akbar, sejumlah program lain juga rutin dihelat seperti Program pokoknya adalah Gerakan Infaq Beras.

Program lainnya; Mustahik Produktif Centre, Hadiah Untuk Muslimah, Ifthar (buka puasa sunnah) Bahagia, Jum'at Ganteng, Smart (Sedekah Makanan di Hari Jum'at), Samahrasa (Sayur Mayur & Buah Segar untuk Santri), Silaturahmi Sahabat Santri, serta Munzalan Menyapa Orang Tua Asuh.

"Baitulmaal Munzalan Indonesia ini adalah dari Masjid Kapal Munzalan Indonesia yang berlokasi di Pontianak yang diasuh oleh Kyai Luqmanulhakim," ujar Yudhistira.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement