Advertisement

PDIP Lirik Bobby Nasution untuk Pilkada Sumatra Utara

Newswire
Jum'at, 05 Juli 2024 - 21:17 WIB
Maya Herawati
PDIP Lirik Bobby Nasution untuk Pilkada Sumatra Utara Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PDIP mengisyaratkan melirik dan membuka peluang bakal mengusung Wali Kota Medan, Muhammad Afif Bobby Nasution menjadi calon gubernur Sumatra Utara pada Pilkada 2024.

Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Puan Maharani menanggapi pertanyaan awak media terkait peluang mendukung Bobby yang baru saja diusung secara resmi oleh PKB. "Bisa saja," ujar Puan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Advertisement

Kendati demikian, dia mengungkapkan bahwa partai berlambang banteng moncong putih itu belum ada keputusan untuk mengusung Bobby. "Belum ada keputusan, tapi bisa saja," jelasnya.

Sebelumnya, Kamis (6/6/2024), PDIP menegaskan tidak akan mengusung Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai bakal calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sumatra Utara tahun 2024.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya sudah menyampaikan permintaan maaf secara terbuka kepada rakyat Indonesia pada Rapat Kerja Nasional V PDIP beberapa pekan lalu karena tingkah laku kader yang tidak taat konstitusi.

"Sikap politiknya sudah menyampaikan permohonan maaf kepada rakyat Indonesia atas perilaku kader yang tidak taat pada konstitusi, tidak menjaga demokrasi, tidak melaksanakan agenda reformasi, sehingga sikapnya sudah sangat jelas," kata Hasto.

Oleh sebab itu, Hasto menyatakan sudah jelas PDIP tidak akan lagi mengusung kader atau mantan kader yang tidak tegak lurus dengan arahan partai.

BACA JUGA: Hari Ini Gunung Merapi Gempa Guguran 14 Kali

Bobby Nasution sudah dipecat sebagai kader PDIP setelah menyatakan mendukung presiden terpilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Padahal, PDIP mengusung Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon meyakini partainya bisa mengalahkan Bobby Nasution pada Pilkada Sumut 2024.

Dia mengatakan PDIP memiliki banyak sosok yang disiapkan untuk menjadi lawan Bobby Nasution.

Rapidin menuturkan sejumlah tokoh eksternal sudah mendaftar ke PDIP Sumut untuk diusung menjadi bakal calon gubernur pada Pilkada Sumut 2024, seperti Gubernur Sumut periode 2018–2023 Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut periode 2018–2023 Musa Rajekshah alias Ijeck.

Sementara itu, untuk kader internal PDIP yang akan coba didorong adalah Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan Desainer Akan Tampilkan Karya di Jogja Fashion Trend 2024

Jogja
| Senin, 08 Juli 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement