Advertisement

Perwakilan Indonesia Pelajari Program Makan Siang Gratis di India

Newswire
Sabtu, 06 April 2024 - 22:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Perwakilan Indonesia Pelajari Program Makan Siang Gratis di India Ilustrasi makan siang gratis di sekolah. Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Delegasi tingkat tinggi Indonesia melakukan riset mengenai program makan siang gratis dengan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia. Kunjungan ini juga menjajaki potensi investasi dua negara.

Kedutaan Besar India di Indonesia dalam keterangan tertulis menyatakan tujuan delegasi Indonesia tersebut guna melaksanakan program serupa untuk menyediakan makanan berkualitas kepada siswa sekolah di Indonesia.

Advertisement

Rombongan delegasi Indonesia dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Firman Hidayat. Mereka mendapatkan paparan di Kementerian Pendidikan mengenai Skema Makan Siang dan implementasinya, termasuk faktor-faktor seperti logistik, nilai gizi, tantangan, peran pemerintah pusat dan negara bagian India.

Tur kerja dilanjutkan ke fasilitas dapur Akshaya Patra di Bangalore. Akshaya Patra merupakan organisasi nirlaba, yang merupakan mitra terbesar Pemerintah India dalam penyelenggaraan Skema Makan Siang di India. "Delegasi Indonesia mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan dari tur tersebut dan berharap adanya fasilitas serupa di Indonesia dapat mensukseskan rencana makan siang di dalam negeri,” ujar Firman, Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga

Program Makan Siang Gratis Rp15 Ribu per Anak, Menkes: Kalau di Jogja ya Cukup

Siap Jalankan Program Makan Siang Gratis, Pemkab Bantul Minta Anggaran Ditanggung Pusat

Program Makan Siang Gratis Masih Diujicoba, Gibran: Kami Siap Dievaluasi

Firman memuji program ini dan menyatakan minatnya untuk menerapkannya. Kunjungan kerja khusus tersebut memperluas visi Presiden dan Wakil Presiden yang baru terpilih, salah satu tujuan utama delegasi ini adalah mempelajari “Midday Meal Scheme/Skema Makan Siang” di India.

Baru-baru ini, Wakil Presiden terpilih dan Walikota Surakarta saat ini Gibran Rakabuming Raka, dalam pertemuannya dengan Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty, juga mengapresiasi keberhasilan India dalam memberikan makanan gratis kepada siswa sekolah.

Ia mengatakan bahwa mengambil contoh dari India adalah hal yang tepat, mengingat keberhasilan nyata dari program makan siang di sekolah, dan jumlah populasi negara tersebut yang relatif sebanding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Beli Tiket Kereta Bandara YIA Bisa via Online, Begini Caranya

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement