Advertisement

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, Ketinggian Kolom Capai 500 Meter

Newswire
Jum'at, 29 Maret 2024 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi, Ketinggian Kolom Capai 500 Meter Visual Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, Flores Timur, NTT, Jumat (29/3/2024) pukul 20.07 WITA. (ANTARA - HO/Badan Geologi)

Advertisement

Harianjogja.com, LARANTUKA—Ketinggian erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mencapai 500 meter.

"Erupsi pukul 20.07 WITA dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 500 meter di atas puncak atau kurang lebih 2.084 meter di atas permukaan laut," kata Pengamat Gunung Api Gunung Lewotobi Laki-Laki Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Bobby Lamanepa dalam laporan, Jumat (29/3/2024) malam.

Advertisement

 Ia mengatakan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah selatan dan barat daya. Erupsi itu pun terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 7,4 mm dan durasi lebih kurang 6 menit 12 detik. Bobby mengatakan Gunung Lewotobi Laki-laki masih berada pada Level II atau Waspada.

Badan Geologi pun memberikan rekomendasi agar masyarakat atau pengunjung tidak melakukan aktivitas dalam radius dua km dari pusat erupsi gunung itu.

Baca Juga

Banjir Lahar Hujan dari Gunung Lewotobi Berpotensi Terjadi di Dua Desa Ini

Gunung Lewotobi Laki-laki Lontarkan Abu Setinggi 2 Kilometer

Ada Peningkatan Kegempaan Gunung Lewotobi Laki-laki, Jarak Radius Aman Diperluas Sampai 5 Kilometer

Rekomendasi serupa juga diberikan untuk sektoral tiga km pada arah Utara-Timur Laut dan lima km pada sektor Timur Laut. "Gunakan masker untuk menghindari bahaya abu vulkanik bagi kesehatan," ucap Bobby.

 Gunung Lewotobi merupakan gunung kembar yang terdiri dari dua puncak yakni Lewotobi Laki-laki dan Lewotobi Perempuan. Kedua gunung ini berada di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur. Status Gunung Lewotobi Perempuan kini berada pada level I atau normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Minggu 28 April 2024

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement