Advertisement

Banjir Lahar Hujan dari Gunung Lewotobi Berpotensi Terjadi di Dua Desa Ini

Newswire
Rabu, 21 Februari 2024 - 22:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Banjir Lahar Hujan dari Gunung Lewotobi Berpotensi Terjadi di Dua Desa Ini Jarak luncuran aliran lava erupsi Gunung Lewotobi Laki/laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mencapai 3 kilometer ke arah timur laut dan awan panas ke arah utara. Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KUPANG—Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengingatkan warga Desa Dulipali dan Desa Nobo untuk mewaspadai potensi banjir lahar hujan dari Gunung Lewotobi.

"Imbauan kepada semua masyarakat Desa Dulipali dan Desa Nobo untuk tetap waspada terhadap banjir lahar dingin dari sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Api Lewotobi Laki-laki, karena saat ini sedang terjadi hujan di puncak gunung," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki, Herman Yosef Mboro dari Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, Rabu (21/2/2024).

Advertisement

Imbauan itu ia sampaikan kepada semua masyarakat, terutama di dua desa itu, karena banyak akses jalan yang melintasi aliran sungai. Herman mengatakan potensi banjir lahar hujan dapat terjadi apabila intensitas hujan sangat tinggi di atas puncak gunung.

Dari data yang ada, kata dia, getaran banjir lahar hujan hari ini terekam satu kali dengan amplitudo 2,9 mm dan durasi 648 detik. "Untuk itu masyarakat harus waspada apabila hujan deras," ucapnya.

Baca Juga

Gunung Lewotobi Laki-laki Lontarkan Abu Setinggi 2 Kilometer

PVMBG Ingatkan Masyarakat Waspadai Banjir Lahar Hujan Gunung Lewotobi

Dampak Erupsi Gunung Lewotobi, Bandara Wunopito Ditutup

Selain potensi banjir lahar hujan, PVMBG masih tetap merekomendasikan jarak beraktivitas bagi masyarakat di sekitar gunung Level III atau Siaga itu. PVMBG mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam jarak tiga kilometer dari pusat erupsi gunung tersebut.

Rekomendasi serupa juga berlaku pada sektoral empat kilometer pada arah utara-timur laut serta lima kilometer sektor timur laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement