Advertisement

Meski Porak-poranda akibat 'Tornado', Tak Ada Korban Jiwa di Rancaekek-Jatinangor

Wisnu Wage Pamungkas
Kamis, 22 Februari 2024 - 08:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Meski Porak-poranda akibat 'Tornado', Tak Ada Korban Jiwa di Rancaekek-Jatinangor Ilustrasi banjir - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG—Bencana puting beliung atau tornado kecil di kawasan Rancaekek hingga Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat tidak memakan korban jiwa.

Hal itu disampaikan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin saat memantau lokasi terdampak. Pihaknya juga menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat untuk melakukan pendaataan jumlah korban bencana ini.

Advertisement

BACA JUGA: Sebanyak 26 Kambing di Gunungkidul Mati Mendadak, Begini Kronologinya

"Saya pastikan tidak ada korban jiwa, Kadinkes Jabar saat ini tengah mendata berapa jumlah pasien," kata Bey, Rabu (21/2/2024) malam.

Saat memantau lokasi terdampak, Bey mencatat dari kunjungannya ke Klinik Kahatex ada 19 pekerja yang mengalami luka ringan. Sementara di Rumah Sakit Kesejahteraan Keluarga ada 10 warga terluka.

"Semuanya berobat jalan," katanya. Kondisi pasien di Rumah Sakit Kesejahteraan Keluarga yang mengalami luka serius menurutnya menimpa seorang pekerja pabrik yang saat kejadian kakinya tertimpa reruntuhan tembok. Ada juga pekerja yang mengalami cedera di kepala.

Kondisi Terkini

Pascaangin Puting Beliung Terjang Rancaekek-Jatinangor "Tapi sudah dilakukan pemeriksaan, tidak ada luka serius," tuturnya.

Saat ini bantuan mobil kebencanaan dan ambulan sudah diarahkan ke kawasan-kawasan terdampak meski sempat terhambat kemacetan parah sehingga kondisi semakin kondusif.

Bencana puting beliung yang menerjang kawasan Rancaekek dan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (21/2/2024) sore menimbulkan daya rusak yang kuat.

BACA JUGA: Berikut Raihan Suara Terbanyak 5 Calon Anggota DPD RI Asal DIY, GKR Hemas, Yasinta, Syauqi, Khudori dan Gus Hilmy

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Provinsi Jawa Barat, Hadi Rahmat mengatakan, peristiwa ini terjadi pada Pukul 16.00 WIB. Ada beberapa bangunan yang turut terdampak.

"Dampak Sementara depan PT Kwalram, Kawasan Industri Dwipapuri. Kemudian depan Borma Rancaekek, Asrama Polda Brimob Jabar, dan depan Indomaret Eston Jatinangor," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Calon Haji Kulonprogo Mulai Diberangkatkan, Jemaah Paling Tua Berusia 90 Tahun

Kulonprogo
| Rabu, 15 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement