Advertisement

AHY Berpeluang Jadi Menteri, Pertama Kalinya PDIP Satu Kubu dengan Demokrat

Surya Dua Artha Simanjuntak
Selasa, 20 Februari 2024 - 22:47 WIB
Arief Junianto
AHY Berpeluang Jadi Menteri, Pertama Kalinya PDIP Satu Kubu dengan Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Politisi PDIP, Deddy Sitorus merasa tidak ada yang perlu dihebohkan ihwal wacana berkoalisi dengan Partai Demokrat di pemerintahan untuk pertama kali dalam sejarah.

PDIP dengan Demokrat kemungkinan besar akan berada dalam satu kubu seusai Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai menteri agraria dan tata ruang (ATR) pada Rabu (21/2/2024) besok.

Advertisement

Meski demikian, Deddy menekankan presiden punya hak prerogatif untuk menarik partai manapun ke dalam pemerintahan. Pihaknya tidak akan mempersoalkannya meski PDIP dan Demokrat tidak pernah bersatu sebelumnya.

"Soal Demokrat ada di satu kubu, saya kira tidak masalah karena kewenangan itu ada pada presiden. Kami tentu tidak bisa mencampuri presiden mau menunjuk siapa atau mengajak partai mana," ujar Deddy, Selasa (20/2/2024).

Dia merasa masyarakat sudah bisa menginterpretasikan dengan bijak berbagai kejadian politik yang ada, termasuk apabila Jokowi akhirnya menarik Demokrat ke pemerintahan walau notabenenya merupakan partai oposisi. "Baik buruknya biarlah masyarakat yang menilai," katanya.

Di samping itu, anggota Komisi VI DPR ini mengaku aneh apabila AHY memang ditunjuk menatri menteri ATR. Padahal, lanjut Deddy, AHY tidak punya latar belakang di bidang agraria atau tata ruang.

Sebagai informasi, santer dikabarkan Jokowi akan melakukan reshuffle alias perombakan kabinet pemerintahan pada Rabu besok.

Hadi Tjahjanto yang saat ini menjabat menteri ATR dikabarkan akan dilantik menjadi menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (Menko Polhukam).

BACA JUGA: Jokowi Umumkan Rehuffle Kabinet Besok Pagi Jam 10.00, AHY Santer Jadi Menteri ATR/BPN

Kursi Menko Polhukam memang kosong seusai ditinggalkan oleh calon wakil presiden nomor urut 03 Mahfud MD. Sementara itu, kursi menteri ATR yang ditinggal Hadi diyakini akan diduduki oleh AHY.

Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan AHY sudah siap membaktikan dirinya untuk negara dan siap dipanggil untuk mengisi jabatan menteri yang dicopot oleh Jokowi. "Jika negara memanggil, Mas AHY sudah siap untuk memenuhi panggilan tugas dari negara. Namanya prajurit, beliau selalu mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara," kata dia, Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement