Advertisement

Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan karena Arus Lalu Lintas Lancar

Newswire
Minggu, 24 Desember 2023 - 17:17 WIB
Ujang Hasanudin
Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan karena Arus Lalu Lintas Lancar Kondisi lalu lintas jalan tol Jakarta-Cikampek setelah penghentian contraflow. (ANTARA - HO/Jasa Marga)

Advertisement

Harianjogja.com, KARAWANG—Petugas Jasamarga dan kepolisian menghentikan penerapan contraflow di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek setelah mencairnya kepadatan arus lalu lintas pada Minggu (24/12/2023) siang.

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paallo dalam keterangannya di Karawang, Jabar, Minggu, menjelaskan setelah diberlakukan contraflow dari KM 47 sampai KM 65 ruas Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu pagi, pihaknya bersama petugas kepolisian menghentikan kebijakan tersebut pukul 11.05 WIB.

Advertisement

Penerapan dan penghentian contraflow di Tol Jakarta-Cikampek itu berdasarkan diskresi pihak kepolisian.

Contraflow adalah sistem pengaturan lalu lintas yang dapat mengubah arah normal arus kendaraan di jalan tol. Sistem rekayasa lalu lintas ini mengharuskan pengendara melalui jalur berlawanan arah dan dilakukan atas diskresi pihak kepolisian.

Kebijakan ini menjadi salah satu cara petugas kepolisian dan pengelola jalan tol untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek pada musim libur Natal dan tahun baru

BACA JUGA: Tol Jakarta-Cikampek Berlakukan Contraflow 18 Kilometer di Libur Nataru

Di antara tujuan contraflow ialah mengatasi kepadatan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan parah. Setelah arus lalu lintas terpantau lancar, contraflow dihentikan.

Pada Minggu siang, kondisi arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek ramai lancar untuk kedua arah.

Ria mengatakan pada musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini, PT Jasamarga Transjawa Tol juga mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan 18 gardu tol dari kondisi normal sebanyak 15 gardu tol.

Selain itu juga dilakukan penyiagaan tambahan 16 unit mobile reader untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah Tol Cipali tetap lancar pada musim libur Natal dan tahun baru.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 53 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol Cikampek Utama pada Sabtu (23/12) atau H-2 Natal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Bantul, Pencalonan Masih Cair, Ini Sederet Nama yang Mencuat

Bantul
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement