Advertisement

Kabupaten Malang Diguncang Gempa M 4,7, Terasa sampai Gunungkidul

Arief Junianto
Senin, 27 November 2023 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Kabupaten Malang Diguncang Gempa M 4,7, Terasa sampai Gunungkidul Gempa bumi yang terjadi di Malang, Senin (27/11/2023). - X/BMKG

Advertisement

Harianjogja.com, MALANG—Wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya diguncang gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,7, Senin (27/11/2023), pukul 15.19 WIB.

Berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima Harianjogja.com, Senin, episenter gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 8.86° LS; 112.81° BT tepatnya di laut pada jarak 84 kilometer arah Tenggara Kabupaten Malang dengan kedalaman 109 kilometer.

Advertisement

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas pada zona subduksi,” kata Kepala Stageof Sleman, Setyoajie Prayoedhie dalam rilisnya.

Adapun, guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di daerah Trenggalek, Malang, Banyuwangi, Jember, Blitar, bahkan hingga Gunungkidul dengan kategori II MMI (getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” kata Setyoajie.

Selain itu, hingga Senin pukul 15.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 5,1 Guncang NTT

Selain itu, masyarakat juga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa bumi.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

KPU Jogja Masih Rumuskan Teknis dan Honor Petugas Sortir Lipat Surat Suara

Jogja
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement