Advertisement

Dugaan Korupsi Impor Gula Kemendag, Ini Kata Zulhas..

Dwi Rachmawati
Rabu, 04 Oktober 2023 - 16:47 WIB
Sunartono
Dugaan Korupsi Impor Gula Kemendag, Ini Kata Zulhas.. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. - BISNIS / Ni Luh Anggela

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengaku terbuka dan siap mendukung penegakan hukum ihwal pengusutan kasus impor gula di instansinya oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Saya baru jadi Mendag satu tahun lebih yang lalu. Kemendag ini mengalami badai, sampai sekarang saya mendukung penuh penegakan hukum untuk menuntaskan kasus," ujar Zulhas di ITC Mangga Dua, Rabu (4/10/2023).

Advertisement

Sistem importasi saat ini lebih tertata dibandingkan dahulu. Musababnya, penentuan impor bukan lagi dari Kemendag. Pemerintah melalui rapat koordinasi terbatas (rakor) akan menentukan waktu dan kuota impor berdasarkan neraca komoditas. Termasuk untuk komoditas impor strategis seperti gula, beras dan jagung.

BACA JUGA : Mendag Ancam Cabut Izin Social Commerce yang Masih

"Sekarang kan sudah diperbaiki dengan keputusan [impor] bersama dengan neraca komoditas. Jadi pengalaman masa lalu itu sekarang kita perbaiki," katanya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Kejagung menggeledah kantor Kemendag dalam kasus dugaan korupsi impor gula periode 2015-2023. Kejagung telah resmi menaikkan kasus ini ke tahap penyidikan, usai memeriksa saksi dan memperoleh alat bukti yang kuat.

Kejagung menduga tindakan melawan hukum ini dalam rangka pemenuhan stok gula nasional dengan menerbitkan persetujuan impor gula kristal mentah menjadi gula kristal putih kepada pihak yang tidak berwenang. Selain itu, Kemendag juga diduga telah memberikan izin impor yang melebihi batas dari kebutuhan yang ditentukan.

Kejagung masih belum membeberkan kerugian negara yang ditimbulkan atas kasus dugaan korupsi impor gula tersebut karena masih dalam proses perhitungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dua Maling Ternak di Wates Ditangkap, Polisi Dalami Keterkaitan Maraknya Kehilangan Ternak di Kulonprogo

Kulonprogo
| Minggu, 19 Mei 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement