Advertisement

Luar Biasa! Kualitas Rumah Susun untuk Lansia di Gorontalo Setara Hotel

Media Digital
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 00:07 WIB
Arief Junianto
Luar Biasa! Kualitas Rumah Susun untuk Lansia di Gorontalo Setara Hotel Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel saat mengunjungi lokasi proyek pembangunan rumah susun lansia di Gorontalo. - Istimewa

Advertisement

GORONTALO—Wakil Ketua DPR Bidang Korinbang, Rachmat Gobel mengaku berbahagia karena Gorontalo akan memiliki rumah susun untuk lansia yang memiliki kualitas setara hotel. “Ini bagian dari membangun peradaban baru. Salah satunya dengan memberikan penghormatan kepada para orang tua kita,” katanya melalui rilis, Jumat (25/8/2023).

Gobel melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan rumah susun untuk orang lanjut usia yang ditargetkan selesai pada Oktober mendatang.

Advertisement

Gedung berlantai tiga dibangun berbentuk dua menara kembar yang saling terhubung dan terintegrasi. Rumah susun ini dibangun di atas lahan seluas 9.000 meter persegi. Setiap ruang memiliki luas 36 meter persegi dengan jumlah ruang ada 76.

Gedung itu nantinya dilengkapi dengan lift, tangga, dan jembatan untuk kursi roda dari lantai satu menuju lantai III. Selain itu, rumah susun itu juga dilengkapi dengan klinik, minimart, ruang jenazah, dapur umum, kantin, klinik, dan musala. Selain itu juga dilengkapi dengan klinik fisioterapi dan ruang olahraga. Setiap ruang dilengkapi toilet.

BACA JUGA: Belasan Lansia Telantar di Jogja Direhabilitasi 

Gobel mengatakan pembangunan rusun lansia ini diilhami saat selaku anggota DPR, dia blusukan ke kampung-kampung. Dia mengaku sering menjumpai ada lansia yang menempati gubuk yang kurang layak huni. Mereka tinggal sendirian.

Hal itu diakuinya membuat dia trenyuh. Itulah sebabnya, sebagai anggota DPR, dia mengajukan program untuk menampung para lansia miskin tersebut.

Program itu kemudian diluluskan oleh kementerian pekerjaan umum. Di Kabupaten Pohuwato sudah dibangun 15 rumah untuk lansia. Sedangkan rumah susun ini dibangun di Tapa, Kabupaten Bone Bolango.

Adapun, anggaran pembangunan rumah susun ini sebesar Rp 37 miliar. Rumah susun dengan kualitas seperti ini merupakan yang pertama di Indonesia. “Saya berpesan agar rumah susun ini dibangun dengan benar sesuai ketentuan dan selesai tepat waktu. Ini akan menjadi pahala. Ini harus menjadi rumah surga. Harus diingat, bangsa yang besar adalah bangsa yang memuliakan para orangtuanya. Karena tak ada kita tanpa orangtua,” katanya.

Gobel mengatakan, setelah bangunan selesai maka selanjutnya harus dikelola dengan baik dan benar. Pertama, pemilihan penghuninya harus tepat dan objektif. Tak boleh ada pilihan subjektif. Mereka harus orang miskin.

Kedua, dikelola dengan profesional. “Harus dikelola dengan hati dan dengan niat ibadah. Ini bagian dari bakti kita kepada orang tua dan pada masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda Ajak Kadin DIY Menekan Kemiskinan Ekstrem

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement