Advertisement

Kebakaran Hutan Lahan Mulai Mengancam, 4 Helikopter Disiagakan

Newswire
Sabtu, 22 Juli 2023 - 21:47 WIB
Maya Herawati
Kebakaran Hutan Lahan Mulai Mengancam, 4 Helikopter Disiagakan Kebakaran hutan - Harian Jogja - dok

Advertisement

Harianjogja.com, BANJARMASIN—Musim kemarau kering tahun ini kembali memunculkan ancaman meluasnya kebakaran hutan dan lahan terutama di Pulau Kalimantan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan (Kalsel) memanfaatkan sebanyak empat unit helikopter untuk dioperasikan guna menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi setempat.

Advertisement

Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kalsel hingga Sabtu (22/7/2023) 2023 sore, karhutla di Kalsel telah melahap sebanyak 400 hektare lebih yang menyebar di 13 kabupaten dan kota dengan jumlah titik api sebanyak 3.281.

BACA JUGA: Presiden Sebut Sudah Tahu Ada Aparat Kejagung Mempermainkan Hukum

“Helikopter kami gunakan untuk menjangkau karhutla yang sulit dilalui oleh tim pemadam lapangan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kalsel Pormadi Dharma saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Sabtu (22/7/2023).

Ia menyebutkan empat unit helikopter memiliki fungsi yang berbeda, dua unit helikopter digunakan berpatroli untuk pengawasan titik api yang muncul khususnya di wilayah prioritas penanganan karhutla pada area Bandara Syamsudin Noor.

Sedangkan dua unit lagi digunakan untuk pemadaman titik api karhutla melalui bom air dari udara di lokasi yang sulit ditempuh petugas pemadaman jalur darat.

Ia mengemukakan wilayah bandara tersebut ditetapkan sebagai ring satu (daerah rawan karhutla), sehingga tim satuan tugas (satgas) memaksimalkan seluruh sumber daya yang ada guna pencegahan dan penanganan bencana kabut asap akibat karhutla.

Bencana kabut asap tersebut dapat mengganggu aktivitas penerbangan di bandara, yang mengakibatkan terganggunya stabilitas perekonomian di Kalsel.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Indeks Kualitas Konseling KB Masih Rendah, BKKBN Bekali Bidan Baru dan Calon Bidan

Jogja
| Selasa, 17 September 2024, 15:29 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement