Advertisement

Kloter Terakhir Calon Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci

Newswire
Sabtu, 24 Juni 2023 - 18:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kloter Terakhir Calon Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci Ibadah haji. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rombongan terakhir atau kloter terakhir calon jemaah haji dari Indonesia sudah tiba di Tanah Suci pada Sabtu.

Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono menyambut kedatangan kelompok terbang (kloter) terakhir jamaah calon haji dari Indonesia di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah.

Advertisement

"Kami menyambut jemaah kloter terakhir dari Batam, sebanyak 165 [anggota] jamaah. Alhamdulillah tiba dengan selamat," kata Eko.

Kloter 34 Embarkasi Batam (BTH-34) yang meliputi 165 orang tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz di Kota Jeddah pada Sabtu pukul 03.46 waktu Arab Saudi.

Setelah mendarat di Jeddah, mereka langsung menaiki bus menuju ke tempat penginapan di Kota Makkah.

Baca juga: Potensi Ekonomi Kurban Tahun Ini Diproyeksikan Berkurang Rp200 Miliar, Ini Penyebabnya

Jemaah dalam kloter BTH-34 mendapat jatah tempat penginapan di Sektor 4 Kota Makkah.

Setelah sampai di Makkah, jamaah akan menunaikan ibadah umrah dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Kepala Sektor 4 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kerja Makkah Haris Fadillah mengatakan, jemaah akan melaksanakan umrah wajib setelah beristirahat di penginapan.

"Kalau sudah pulih dan fresh [segar] baru berangkat umrah wajib, biar kondisinya terjaga," kata Haris.

Karena operasi bus sholawat sudah dihentikan, ia mengatakan, petugas sektor berkoordinasi dengan petugas layanan transportasi untuk memfasilitasi jamaah berangkat dari penginapan ke Masjidil Haram.

Sementara itu, Ketua Kloter BTH-34 Muhsin mengatakan bahwa anggota rombongannya tiba di Tanah Suci dalam keadaan sudah berihram untuk melaksanakan ibadah umrah.

Dia menambahkan, dalam rombongannya ada satu orang yang sudah berusia 80 tahun dan tiga orang pengguna kursi roda.

Hingga hari terakhir kedatangan jamaah Indonesia di Arab Saudi, sebanyak 558 kloter yang meliputi 209.782 calon haji reguler tercatat sudah tiba di Tanah Suci.

Total 276 Kloter

Sebanyak 276 kloter yang beranggotakan 103.809 orang memasuki wilayah Arab Saudi melalui bandara di Kota Madinah dan 282 kloter yang mencakup 105.973 orang masuk lewat bandara di Kota Jeddah.

Seluruh jamaah haji akan melaksanakan prosesi wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah 1444 Hijriah, yang bertepatan dengan 27 Juni 2023.

Setelah wukuf, jemaah akan melaksanakan rangkaian ibadah haji yang meliputi menginap atau mabit di Muzdalifah, melontar jumrah, tahalul, mabit di Mina, dan tawaf wada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Peringatan BMKG: Waspada! Gelombang Tinggi di Samudra Hindia sampai Selat Sunda

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement