Advertisement

Lumpur Lapindo Mengandung Logam Langka di Dunia, Bisa untuk Bahan Pesawat Luar Angkasa

Rendi Mahendra
Jum'at, 26 Mei 2023 - 23:47 WIB
Sunartono
Lumpur Lapindo Mengandung Logam Langka di Dunia, Bisa untuk Bahan Pesawat Luar Angkasa Lumpur Lapindo, Sidoarjo.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, tak kunjung berhenti hingga kini sejak semburan pertamanya 2006 lalu.

Tujuh belas tahun yang lalu semburan muncul akibat akvitas PT. Lapindo Brantas yang memiliki sumur pengeboran gas sekitar 200 meter dari lokasi semburan lumpur. Semburan lumpur itu mengakibatkan belasan desa di sekitar lumpur Lapindo tak bisa ditinggali sehingga banyak warga yang harus pindah rumah.

Advertisement

BACA JUGA : Cerita Korban Lumpur Lapindo dan Bandara Kulonprogo

Upaya pemerintah menghentikan semburan lumpur Lapindo sia-sia, kendati demikian ada secercah harapan, baru-baru ini  peneliti berhasil menemukan dugaan kandungan logam yang diburu dunia.

Kandungan Logam Lumpur Lampindo Diburu Dunia

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan penelitian terhadap kandungan logam lumpur Lapindo. Ternyata setelah diteliti ada kandungam logam tanah jarang (rare earth) yang diburu dunia. Logam ini sangat unik dan susah ditemukan.

Dosen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (UNAIR) Ganden Supriyanto menjelaskan logam tanah jarang mempunyai manfaat yang signifikan terhadap perkembangan teknologi.

Dijelaskan oleh Ganden logam tanah jarang atau rare earth di dalam rumus kimia sistem periodik masuk ke dalam golongan lantanida dan aktanida, logam ini juga disebut sebagai logam transisi.

Sementara kegunaan dari logam tanah jarang merupakan bahan campuran pada bidang teknologi yang berkaitkan dengan meterologi seperti bahan pesawat luar angkasa, lampu energi tinggi, hingga semi konduktor.

Tak hanya itu, menurut Ganden, logam tanah jarang yang berada di lumpur Lapindo sangat berharga bahkan bisa lebih mahal dibandingkan emas, dan platina.

 “Penemuan logam tanah jarang di Lumpur Lapindo Sidoarjo memiliki potensi pemanfaatan yang sangat besar karena bernilai tinggi dan sangat penting untuk teknologi tinggi ke depan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disaksikan Orang Tua, Buron Kasus Curanmor Ditangkap

Bantul
| Sabtu, 03 Juni 2023, 22:27 WIB

Advertisement

alt

8 Spot Kuliner Malam di Jogja

Wisata
| Sabtu, 03 Juni 2023, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement