Advertisement

Dituduh Memata-matai Infrastruktur Penting Amerika Serikat, Ini Bantahan China

Jessica Gabriela Soehandoko
Jum'at, 26 Mei 2023 - 13:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Dituduh Memata-matai Infrastruktur Penting Amerika Serikat, Ini Bantahan China Balon mata-mata China yang dicurigai melayang ke laut setelah ditembak jatuh di lepas pantai di Pantai Surfside, Carolina Selatan, Amerika Serikat (AS) pada 4 Februari 2023. REUTERS - Randall Hill

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—China membantah tuduhan mata-mata terhadap berbagai organisasi infrastruktur penting di Amerika Serikat. Infrastruktur yang dimaksud baik dari telekomunikasi hingga pusat transformasi.

Dilansir dari Reuters pada Kamis (25/5/2023), juru bicara kementerian luar negeri China Mao Ning mengatakan bahwa tuduhan peretasan merupakan kampanye disinformasi kolektif dari negara Five Eyes. 

Advertisement

Five Eyes sendiri merujuk pada kelompok negara-negara yang saling berbagi informasi intelijen, yang terdiri dari AS, Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Inggris.

BACA JUGA: Terungkap! Ini Alasan China Pilih Jadi Negara Berkembang Tak Mau Disebut Negara Maju

Mao mengatakan kampanye diluncurkan oleh AS karena alasan geopolitik. Laporan dari analis Microsoft dianggap menunjukan pemerintah AS memperluas saluran disinformasi di luar lembaga pemerintah.

"Tapi tidak peduli metode apa pun yang digunakan, tidak satu pun dari ini dapat mengubah fakta bahwa Amerika Serikat adalah kerajaan peretasan," jelas Mao.

Sebelumnya, Badan intelijen Barat dan Microsoft melaporkan sebuah kelompok China yang disponsori negara telah memata-matai berbagai organisasi infrastruktur penting AS baik dari telekomunikasi hingga pusat transformasi.

Mengutip Reuters, Kamis (25/6/2023) walaupun China dan AS rutin memata-matai satu sama lain, analis mengatakan bahwa tindakan ini adalah salah satu kampanye spionase dunia maya terbesar China yang diketahui terhadap infrastruktur kritis Amerika.

Analis Microsoft menjuluki grup mata-mata China tersebut dengan ‘Volt Typhoon’. Kelompok tersebut diduga mengembangkan kemampuan yang dapat mengganggu infrastruktur komunikasi kritis antara AS dan wilayah Asia. 

BACA JUGA: China Akan Terapkan Undang-Undang Anti Asing

Senada dengan pernyataan tersebut, Analis Secureworks, cabang dari Dell Technologies, mengatakan hal yang serupa mengacu pada ketegangan China dan AS. 

Peneliti Marc Burnard dari SecureWorks, yang telah menangani beberapa gangguan terkait Volt Typhoon, mengatakan bahwa mata-mata China terlihat mengutamakan target organisasi AS secara vertikal di bidang pertahanan dan pemerintah, terutama untuk tujuan spionase. 

Microsoft juga mengatakan bahwa kelompok tersebut telah menargetkan organisasi infrastruktur penting di wilayah Pasifik A.S.John Hultquist, kepala analisis ancaman di Mandiant Intelligence Google, juga mengatakan aktivitas China cukup unik dan mengkhawatirkan karena belum memiliki visibilitas yang cukup tentang kemampuan kelompok tersebut.

BACA JUGA: Biden Klaim Hubungan AS dan China Segera Mencair

"Ada kepentingan yang lebih besar pada aktor ini karena situasi geopolitik," jelasnya.

Badan Keamanan Nasional AS (NSA) mengatakan sedang bekerja dengan mitra termasuk Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Inggris, serta Biro Investigasi Federal AS untuk mengidentifikasi pelanggaran. Kanada, Inggris, Australia, dan Selandia Baru memperingatkan bahwa mereka juga dapat menjadi sasaran para peretas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement