Advertisement

Luhut Ajak 2 Perusahaan China untuk Tambah Investasi di Indonesia

Denis Riantiza Meilanova
Senin, 22 Mei 2023 - 17:57 WIB
Sunartono
Luhut Ajak 2 Perusahaan China untuk Tambah Investasi di Indonesia Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis - Triawanda Tirta Aditya

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mampir ke China usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada gelaran KTT G7 di Hiroshima, Jepang, akhir pekan lalu.

Luhut mengungkapkan, kunjungannya ke lima kota di China memang telah diagendakan sejak lama karena dia ingin menyaksikan sendiri seluk beluk perusahaan-perusahaan China yang memiliki cabang di Indonesia dan hendak berinvestasi di Indonesia.

Advertisement

Salah satu perusahaan yang dikunjungi adalah perusahaan kimia global ternama, Wanhua Chemical yang lokasinya terletak di Kota Yantai, berjarak 731 kilometer dari ibu kota Beijing.

Luhut menceritakan Wanhua Chemical didirikan pada 1998 dan sejak saat itu telah berkembang menjadi salah satu produsen isosianat terbesar di dunia. Isosianat adalah bahan kimia yang digunakan dalam produksi poliuretan, salah satu jenis plastik yang digunakan dalam berbagai produk, mulai dari busa furniture, pelapis otomotif, hingga pesawat terbang.

"Dalam beberapa tahun terakhir ini, Wanhua Chemical telah melakukan ekspansi ke luar China dan sekarang sudah beroperasi di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat dan Hungaria. Satu minggu sebelumnya, mereka mengirim perwakilannya ke Indonesia dan hari ini saya datang kembali untuk meyakinkan dan mengajak mereka agar segera masuk dan berinvestasi di Indonesia," ujar Luhut melalui akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan, Senin (22/5/2023).

Hal serupa juga dilakukan Luhut kepada Walsin Lihwa Corporation, perusahaan multinasional yang beroperasi dalam bidang produksi baja nirkarat, tembaga, dan kabel listrik. Dia menyebut, perusahaan ini didirikan pada 1966 dan sejak saat itu telah berkembang menjadi salah satu produsen utama dalam bidangnya.

"Saat ini, Walsin sudah membangun pabrik pengolahan stainless steel dan nickel matte di Kawasan Industri Morowali dan Weda Bay, dan saya akan terus merayu mereka untuk kembali melipatgandakan investasinya di Indonesia," katanya.

Ia berharap perjalanan panjangnya ke China nantinya dapat menghasilkan multiplier effect bagi masyarakat Indonesia terutama dalam hal transfer teknologi yang akan mendorong peningkatan mutu industri dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Baliho Menjamur di Jalanan Sleman, Lurah Banyurejo Siap Maju di Pilkada 2024

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement