Advertisement

Hari Ini, SAR Kembali Lanjutkan Pencarian Wisatawan Tenggelam di Pantai Parangtritis

Newswire
Jum'at, 28 April 2023 - 06:27 WIB
Jumali
Hari Ini, SAR Kembali Lanjutkan Pencarian Wisatawan Tenggelam di Pantai Parangtritis Petugas SAR bersiap mencari tubuh bocah yang tenggelam di Pantai Congot, Rabu (1/6/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan menerjunkan lima search and rescue unit (SRU) dalam operasi pencarian seorang wisatawan yang tenggelam akibat terseret ombak di Pantai Parangtritis,Bantul, pada Rabu (26/4/2023).

BACA JUGA: Amankan Lebaran, Personel Basarnas Yogyakarta Disebar

Advertisement

Humas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta Pipit Eriyanto dalam keterangan tertulis mengatakan, lima SRU tersebut mencari korban yang masih hilang dengan menyisir baik di darat tepi pantai, laut maupun pemantauan udara.

Dia mengatakan, SRU pertama melakukan penyisiran darat dari Pantai Parangtritis ke arah timur di tebing Pantai Parangndog, SRU dua penyisiran darat dari Pantai Parangkusumo ke barat di Pantai Pelangi, dan SRU tiga penyisiran darat dari Pantai Pelangi ke barat di Pantai Depok.

Sementara SRU empat, dengan peralatan drone melaksanakan pemantauan di sekitar LKP (last known position) dengan radius satu kilometer, kemudian bergeser ke timur ke arah Pantai Parangndog dilanjutkan pemantauan dengan radius satu kilometer.

"Kemudian SRU laut melaksanakan pencarian menggunakan empat unit jetsky dengan radius satu kilometer dari LKP," katanya.

Menurut dia, lima SRU yang diterjunkan tersebut melakukan operasi pencarian korban dalam dua waktu, yaitu pagi hingga siang, kemudian dari siang hingga sore.

Akan tetapi, kata dia, dari hasil operasi SAR hingga Kamis (27/4) pukul 17.25 WIB, masih nihil, atau belum menemukan korban, sehingga pencarian akan dilanjutkan pada Jumat (28/4).

Sebelumnya tiga orang pelajar dilaporkan terseret gelombang Pantai Parangtritis Bantul pada Rabu (26/4) pagi, namun dua korban berhasil diselamatkan Tim SAR gabungan yang siaga di lokasi, sementara satu korban lagi hilang dan masih dalam pencarian.

Dua orang wisatawan yang dapat diselamatkan yaitu M Nabil, pelajar berusia 16 tahun warga Subang Jawa Barat, dan Ziyan Gini (12) warga Subang Jawa Barat. Sementara korban dalam pencarian yaitu Fida Auni (14), warga Subang Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Relokasi Makam Mbah Celeng Terdampak Tol Jogja-Solo Dipercepat setelah Terima Rekomendasi Kraton

Sleman
| Senin, 27 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement