Advertisement

Jokowi Minta Pemudik Dapat Cuti Tambahan, Ini Alasannya

Alifian Asmaaysi
Senin, 24 April 2023 - 13:57 WIB
Jumali
Jokowi Minta Pemudik Dapat Cuti Tambahan, Ini Alasannya Presiden Jokowi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perusahaan untuk dapat memberikan cuti tambahan kepada karyawannya selama momentum Lebaran 2023.

BACA JUGA: Alasan Pemerintah Tambah Hari Cuti Bersama

Advertisement

Jokowi menyebut, hal itu dilakukan guna menghindari penumpukan pada puncak arus balik gelombang pertama yang jatuh pada hari ini, Senin (24/4/2023) hingga Selasa (25/4/2023).

Oleh karena itu, pemudik diminta untuk menunda atau mengundurkan jadwal kembali ke Ibu Kota Jakarta setelah 26 April 2023.

"Ketentuan ini berlaku bagi ASN, TNI-Polri dan BUMN ataupun pegawai swasta yang teknisnya dapat diatur dalam instansi atau perusahaan masing-masing seperti dalam bentuk cuti tambahan atau cuti lainnya," kata Jokowi dalam keterangan pers yang dipantau secara virtual dalam akun Youtube Setpres, Senin (24/4/2023).

Pasalnya, Jokowi menambahkan, puncak arus mudik 2023 menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah. Dengan demikian, arus balik Lebaran 2023 juga akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah.

Untuk memecah penumpukan yang terjadi pada puncak arus balik, pemerintah mengimbau masyarakat yang tidak memiliki keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut.

Untuk diketahui, data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi setidaknya 203.000 kendaraan per hari datang dari arah timur jalan tol trans jawa dan dari arah bandung menuju tol Jakarta - Cikampek selama periode arus balik gelombang pertama berlangsung.

"Tentu ini merupakan jumlah yang sangat besar dibandingkan jumlah normalnya yakni 53.000 kendaraan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara YIA via Online, Mudah dan Cepat

Jogja
| Sabtu, 15 Juni 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement