Advertisement

Menag Mulai Bocorkan 1 Syawal, Pemerintah dan Muhammadiyah Berbeda?

Restu Wahyuning Asih
Rabu, 19 April 2023 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Menag Mulai Bocorkan 1 Syawal, Pemerintah dan Muhammadiyah Berbeda? Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. - ANTARA/ Dok Humas Kemenag

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengisyaratkan adanya perbedaan Lebaran, terlihat dari hari ditetapkan 1 Syawal oleh pemerintah dan Muhammadiyah.

"Pada hakikatnya Lebarannya sama-sama 1 Syawal cuma beda harinya saja. Salat Id-nya yang berbeda. Muhammadiyah pada Jumat," ujar Yaqut, Selasa (18/4/2023) dikutip dari NU Online.

Advertisement

Menanggapi potensi perbedaan jatuhnya 1 Syawal ini, dia menekankan bahwa tak akan ada perpecahan keyakinan agama. "Perbedaan itu menjadi rahmat kalau disyukuri. Saya kira tidak ada perselisihan, perbedaan itu biasa yang penting bagaimana perbedaan yang ada tidak menyebabkan perpecahan," tambah dia.

BACA JUGA: Kemungkinan Lebaran Berbeda, Kemenag Bantul Imbau Warga Tetap Rukun

Dengan adanya potensi perbedaan Idulfitri ini, Yaqut mengimbau pemerintah daerah tetap menyediakan fasilitas ibadah Salat id.

"Namun begitu, kita imbau kepada seluruh pemerintah daerah saat saudara kita Muhammadiyah akan melaksanakan Salat Idulfitri di hari Jumat agar diberikan fasilitas, tidak perlu dilarang," 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan PNS Sleman Dapat Penghargaan Satyalancana Karya Satya

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement