Advertisement

Ada Longsor, Jalan Tembus Tawangmangu-Magetan Ditutup

Indah Septiyaning Wardani
Minggu, 16 April 2023 - 12:47 WIB
Jumali
Ada Longsor, Jalan Tembus Tawangmangu-Magetan Ditutup Ilustrasi longsor. - Pixabay/Saiful Mulia

Advertisement

Harianjogja.com, KARANGANYAR—Tebing di jalan tembus Tawangmangu-Magetan, Jawa Timur, tepatnya di Gondosuli Kidul RT 003/RW 004, Tawangmangu, Karanganyar mengalami longsor pada Minggu (16/4/2023) dini hari. Saat ini, jalur kawasan wisata tersebut ditutup dan dialihkan melalui jalan lama.

BACA JUGA: Tanah Longsor Karanganyar Tersebar di 43 Titik

Advertisement

Camat Tawangmangu, Eko Jati Wibowo, mengatakan material longsoran berupa tanah dan bebatuan menutup hingga sebagian badan jalan. Sehingga dilakukan penutupan arus lalu lintas di jalan tembus Tawangmangu-Magetan ini.

“Bencana tanah longsor terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. Lokasinya tidak jauh dari longsor sebelumnya,” kata dia kepada Solopos.com-jaringan Harianjogja.com, Minggu (16/4/2023).

Dia mengatakan tebing longsor tersebut merupakan tanah bukit milik Perhutani KPH Lawu. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Polsek Tawangmangu. Koordinasi dilakukan terkait penutupan akses jalan tembus tersebut.

Kapolsek Tawangmangu. AKP Sutarno, mengatakan bencana tanah longsor tersebut mengakibatkan separuh lebih jalan tertutup oleh material longsoran. Kondisi ini tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat dan masih rawan terjadi longsor susulan.

Dengan kondisi tersebut, selanjutnya dilakukan upaya awal oleh Polsek Tawangmangu dengan melakukan penutupan akses Jalan Tembus Tawangmangu-Magetan dengan masang rambu peringatan. Rambu peringatan atas terjadinya longsor dipasang di Bundaran Cicoa dan Bulakrejo (simpang 4 Lawu Park arah Tawangmangu).

Berikutnya dilakukan pengalihan arus dari arah Tawangmangu maupun Magetan, Jatim melalui Jalur Lama Tawangmangu-Magetan.

“Penyebab longsor karena kontur tanah yang sebelumnya pernah terjadi tanah longsor. Masih rawan terjadinya longsor susulan dengan kondisi medan tebing yang terjal,” katanya.

Tidak ada korban dalam kejadian ini. Pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan sukarelawan setempat mengamankan lokasi. Pembersihan material longsor akan dilakukan setelah memungkinkan karena masih rawan terjadinya longsor susulan.

“TKP longsor ini sebelah barat dari lokasi longsor pada pertengahan Februari 2023 kemarin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Permudah Akses Ekonomi, Warga Dusun Tirto Pandak Antusias Laksanakan Padat Karya Jalan Desa

Bantul
| Senin, 15 Juli 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement