Advertisement

Kenali Apa Itu Hikikomori, Kebiasaan yang Bikin Jepang Krisis Populasi

Arlina Laras
Sabtu, 08 April 2023 - 09:37 WIB
Arief Junianto
Kenali Apa Itu Hikikomori, Kebiasaan yang Bikin Jepang Krisis Populasi Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Di Jepang, lebih dari 1,5 juta orang memilih untuk mengisolasi diri dari masyarakat. Mereka memilih menjalani kehidupan tertutup yang sebagian besar terkurung di dalam tembok rumah mereka alias hikikomori.

Hikikomori atau pengucilan yang sudah ada sejak 1980-an ini merujuk pada sebuah kondisi, di mana orang telah diisolasi setidaknya selama enam bulan. Beberapa hanya keluar untuk membeli bahan makanan atau untuk kegiatan sesekali, sementara yang lain bahkan tidak meninggalkan kamar tidur mereka.

Advertisement

Menurut survei pemerintah yang dilakukan November 2022 oleh Lembaga Anak dan Keluarga, masalah ini sebenarnya sudah muncul sejak beberapa dekade terakhir tetapi Covid-19 semakin memperburuk keadaan.

Survei nasional itu menemukan di antara 12.249 responden, sekitar 2% orang berusia 15 hingga 64 tahun diidentifikasi sebagai hikikomori, sementara usia lainnya berkisar 15 tahun hingga 39 tahun. Dengan persentase itu diterapkan pada total populasi Jepang, diperkirakan ada 1,46 juta pertapa sosial di negara itu.

BACA JUGA: Tingginya Lansia Jepang Jadi Peluang Lapangan Kerja Bagi Pemuda Indonesia

Alasan umum yang biasa digunakan banyak masyarakat untuk isolasi sosial adalah kehamilan, kehilangan pekerjaan, sakit, pensiun dan memiliki hubungan interpersonal yang buruk-tetapi alasan utamanya adalah Covid-19, dengan lebih dari seperlima responden menyebut pandemi sebagai faktor penting dalam gaya hidup tertutup mereka.

Penelitian tersebut juga melaporkan, pandemi dapat memperburuk masalah sosial yang ada seperti kesepian, isolasi dan kesulitan keuangan, menunjuk pada peningkatan kasus bunuh diri yang dilaporkan, dan kekerasan terhadap anak dan rumah tangga.

Para ahli mengatakan hikikomori sering dianggap berasal dari masalah psikologis seperti depresi dan kecemasan, meskipun faktor sosial juga berperan, seperti norma patriarkal Jepang dan menuntut budaya kerja.

Sebagai fenomena sosial di Jepang di mana seseorang memilih untuk menarik diri dari interaksi sosial dan mengisolasi diri dalam jangka waktu yang lama, bahkan bertahun-tahun, terdapat spekulasi yang menilai hikikomori dapat memengaruhi krisis populasi Jepang,

Sebagai informasi, populasi Jepang terus menurun sejak ledakan ekonomi era 1980-an, dengan tingkat kesuburan dan jumlah kelahiran tahunan jatuh ke rekor terendah baru beberapa tahun berturut-turut.

Sementara itu, populasi lansia membengkak karena orang-orang menua dari angkatan kerja dan pensiun, menimbulkan masalah bagi ekonomi yang sudah stagnan.

Perdana Menteri pun memperingatkan bahwa Jepang sedang berada di ambang ketidakmampuan dalam mempertahankan fungsi sosial. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cek Jadwal dan Lokasi Bus SIM Keliling Bantul Sabtu 27 April 2024

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement