Advertisement

Partisipasi Penyandang Disabilitas di Setiap Aspek Kehidupan Perlu Terus Didorong

Galih Eko Kurniawan
Minggu, 11 Desember 2022 - 05:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Partisipasi Penyandang Disabilitas di Setiap Aspek Kehidupan Perlu Terus Didorong YAKKUM Emergency Unit (YEU) dan Pusat Rehabilitasi YAKKUM (PRY) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional 2022 di Dasron Hamid Research dan Innovation Center UMY pada 5 Desember 2022. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2022 mengajak masyarakat untuk terus mendorong partisipasi penyandang disabilitas di setiap aspek kehidupan.

Acara itu digelar YAKKUM Emergency Unit (YEU) dan Pusat Rehabilitasi YAKKUM (PRY) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Dasron Hamid Research dan Innovation Center UMY pada 5 Desember 2022.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kegiatan ini dibuka oleh Pengurus YAKKUM, Wakil Rektor UMY, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia serta dihadiri oleh lebih dari 170 undangan dari berbagai pemangku kepentingan.

Ketua I Pengurus YAKKUM Simon Julianto menuturkan sudah menjadi tugas bersama untuk mendorong inklusivitas, kesetaraan dan pemberdayaan disabilitas. Pembangunan inklusi merujuk ke pembangunan yang tidak meninggalkan siapapun.

“Sesuai dengan tema peringatan Hari Disabilitas Internasional, penekanan ada pada partisipasi dan inisiasi untuk terlibat dan tidak hanya protes, tapi juga partisipasi bermakna,” ujarnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Minggu (11/12/2022).

Dalam rangkaian kegiatan peringatan HDI 2022 itu digelar juga temu wicara secara hybrid yang menyoroti Deklarasi Jakarta dalam mencapai pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan, ekonomi kreatif untuk disabilitas dan peran pentahelix dalam membangun lingkungan yang inklusif.

Mengakhiri tiga sesi temu wicara itu, dirumuskanlah Deklarasi Komitmen Bersama. Isinya antara lain mewujudkan pengembangan inovasi teknologi dan informasi yang aksesibel dengan memperhatikan sumberdaya dan kearifan lokal DIY guna mengeliminasi hambatan dan pengarusutamaan inklusi disabilitas.

Wakil Rektor UMY Profesor Sukamta menegaskan UMY punya perhatian besar terhadap isu disabilitas, termasuk memfasilitasi terdirikannya pusat studi disabilitas. “Apresiasi bagi teman-teman dengan disabilitas yang memiliki kepercayaan diri yang besar dan mandiri yang bisa menjadi pelajaran bagi orang lain,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Gibran Diminta Mengaspal Jalan Godean, Begini Tanggapan Pemkab Sleman

Sleman
| Rabu, 01 Februari 2023, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement