Advertisement

Pulau Enggano di Bengkulu Diguncang Gempa Magnitudo 6,8

Newswire
Sabtu, 19 November 2022 - 07:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Pulau Enggano di Bengkulu Diguncang Gempa Magnitudo 6,8 Foto ilustrasi. - Antara Foto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa bumi dangkal berkekuatan magnitudo 6,8 mengguncang wilayah Enggano, Bengkulu, akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Eurasia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (18/11/2022) malam, menyampaikan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,90 Lintang Selatan, 100,65 Bujur Timur, pukul 20.37 WIB, Jumat.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 186 kilometer arah barat laut Enggano, Bengkulu, pada kedalaman 15 km," katanya dikutip dari Antara, Sabtu (19/11/2022).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, ia mengatakan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," paparnya.

Ia menambahkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter "update" dengan magnitudo 6,7.

"Lokasi terdekat episenter tidak ada anomali muka laut. Artinya aman tsunami," katanya.

Daryono mengemukakan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Enggano dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Advertisement

Situasi serupa terjadi di daerah Muko-muko, Bengkulu Utara, dan daerah Kota Bengkulu dengan skala intensitas III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah) dan daerah Liwa dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Gempa susulan terjadi sekitar pukul 20.59 WIB dengan magnitudo 4,7 berada pada koordinat 4.51 Lintang Selatan, 100,72 Bujur Timur, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 195 kilometer arah Barat Laut Pulau Enggano dengan kedalaman 57 km. Kemudian, sekitar pukul 21.07 WIB terjadi gempa susulan kedua dengan magnitudo 5,6 pada koordinat 4.59 Lintang Selatan, 100,50 Bujur Timur, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 213 kilometer arah Barat Laut Pulau Enggano dengan kedalaman 10 km.

"Kondisi di Pulau Enggano aman dan tidak ada kerusakan di wilayah tersebut," kata Kepala BPBD Kabupaten Bengkulu Utara Eka Hendri saat dikonfirmasi di Kabupaten Bengkulu, Jum'at.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Erina Gelar Prosesi Siraman, Warga Nobar di Gedung Serbaguna

Sleman
| Jum'at, 09 Desember 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Liburan di DIY saat Akhir Tahun? Fam Trip di Lokasi-Lokasi Ini Layak Dicoba

Wisata
| Jum'at, 09 Desember 2022, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement