Advertisement

Pengin Tahu Aneka Kuliner Nusantara untuk Petinggi G20? Ada Emping hingga Kerupuk Udang

Akbar Evandio
Rabu, 16 November 2022 - 08:07 WIB
Arief Junianto
Pengin Tahu Aneka Kuliner Nusantara untuk Petinggi G20? Ada Emping hingga Kerupuk Udang KTT G20. - Istimewa/Dok. Biro Setpres RI

Advertisement

Harianjogja.com, BALI – Makanan seperti halnya seorang kawan, dia menyambut dan membuka ruang obrolan bagi para penikmatnya sehingga bukan menjadi hal lumrah bagi orang Indonesia untuk bertegur sapa melalui rasa.

Hal tersebut yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghangatkan suasana malam bersama dengan pemimpin Negara G20 di Garuda Wisnu Kencana Park, pada Selasa (15/11/2022). 

Advertisement

Indonesia sebagai tuan rumah  menyajikan menu Nusantara, pemerintah menyajikan makanan pembuka (appetizer) bertema Aneka Ratna Mutumanikam (Diversity in One/Berbeda dalam Satu) yang menyajikan Mango, Rumput Laut, Jicama dan Salad Pomelo in Balinese Rujak Dressing, Scallop, Soft Shell Crab, serta Manadonese Crab meat corn fritter.

Selanjutnya, untuk Main Course bertema Nusantara, pemimpin negara G20 turut disajikan Lampung tenderloin Wagyu Beef in West Sumatran Rendang Sauce; Cassava and Potato mousseline, steamed cod, baby carrot with Likupangnese salsa, asparagus in Balinese turmeric dressing, dan balado eggplant puree.

BACA JUGA: Ini Dia Gaya Fesyen 6 Istri Pimpinan Negara Delegasi KTT G20

Jamuan pun ditutup dengan makanan bertema Nusantara Delight yang terdiri dari Aceh chocolate mousse, rice tuille, mango gel, black glutinous rice with grated coconud, dan Mango coulis.

Sebelumnya, untuk jamuan makan siang tamu Negara menyantap berbagai macam menu untuk vegetarian. Bagi yang non-vegetarian menu pembuka disajikan selada udang Bangka, cumi bumbu rujak, dan sate pusut Mandalika. 

Untuk menu utama tersedia panggang ikan barramundi bumbu Bali, terik sirloin wagyu dan nasi ungu urap sayur yang mewakili Sumatera, Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara Barat. Makanan utama ini didampingi emping Jogja dan kerupuk udang sedangkan untuk makanan penutup berupa pudding Nangka dan kelapa muda disiram gula palem.

Untuk vegetarian menu pembuka terdiri dari  selada tahu Bangka,bunga labu bumbu rujak dan sate pusut nangka Mandalika sedangkan menu utama berupa labu panggang bumbu Bali, terik tempe bacem dan nasi ungu urap sayur juga emping Yogya yang renyah. Juga sebagai makanan penutup sama dengan menu non vegetarian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement