Advertisement

KTT G20 di Bali Berdampak hingga ke Jogja

Newswire
Selasa, 15 November 2022 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
KTT G20 di Bali Berdampak hingga ke Jogja Dua pesawat berbadan besar milik delegasi KTT Presidensi G20 Indonesia dari Argentina dan Arab Saudi parkir di Bandara Internasional Yogyakarta - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebutkan perhelatan KTT G20 di Nusa Dua, Bali, berkontribusi positif terhadap peningkatan hunian kamar atau okupansi hotel di provinsi ini.

"Walaupun KTT G20 itu di Bali tapi dampaknya sangat luar biasa karena mereka yang penggembira, maksudnya anggota keluarga (delegasi) juga mengunjungi Yogyakarta," kata Ketua PHRI DIY Deddy Pranawa Eryana saat dihubungi di Yogyakarta, Selasa.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Meski KTT G20 berlangsung di Bali, menurut dia, agenda tersebut memberikan dampak positif terhadap kebangkitan perekonomian di DIY.

Ia mengatakan baik hotel bintang maupun non-bintang di DIY telah mengalami peningkatan okupansi sejak sepekan lalu, dengan persentase rata-rata mencapai 80 persen yang diperkirakan bertahan hingga Desember 2022.

"Kami dari PHRI DIY sedang menikmati kebangkitan tersebut dengan tingkat rata-rata hunian itu 80 persen baik hotel maupun restoran," ujar Deddy.

Selain didorong kunjungan tamu dari negara G20, menurut dia, naiknya tingkat hunian kamar hotel di provinsi ini juga ikut didukung momentum Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo, Jawa Tengah.

"G20 dan Muktamar Muhammadiyah saling terkait dalam peningkatan okupansi di Yogyakarta," ujar dia.

BACA JUGA: Sri Mulyani Bisa Himpun Duit Rp62 Triliun untuk Suntik Mati PLTU

Advertisement

Untuk jangka pajang Deddy berharap perhelatan KTT G20 di Bali mampu menjadi wahana promosi yang efektif bagi pariwisata di Indonesia, termasuk di DIY.

Pasalnya, menurut dia, banyak wisatawan mancanegara yang masih menganggap bahwa destinasi wisata Indonesia hanya ada Bali, padahal selain DIY ada banyak destinasi wisata unggulan lain, seperti Labuan Bajo.

"Ini yang harus kita jelaskan kepada mereka sehingga momen G20 ini adalah momentum yang harus kita raih dan kita tangkap bersama-sama untuk mem-branding wisata Indonesia, termasuk DIY," ujar dia.

Advertisement

Deddy menuturkan biasanya wisatawan mancanegara yang datang ke Bali juga mengunjungi Yogyakarta melalui jalur darat, mulai dari berkunjung ke Gunung Bromo, Kabupaten Malang, kemudian berakhir ke Yogyakarta.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini: Kecuali Bantul, Siang Ini Semua Wilayah Hujan

Jogja
| Senin, 05 Desember 2022, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement