Advertisement

Terima Penghargaan Global Citizen Award, Begini Kata Presiden Jokowi

Akbar Evandio
Minggu, 13 November 2022 - 22:57 WIB
Arief Junianto
Terima Penghargaan Global Citizen Award, Begini Kata Presiden Jokowi Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya setelah menerima penganugerahan Global Citizen Awards yang diberikan oleh lembaga think tank Amerika Serikat (AS) Atlantic Council. - Khadijah Shahnaz

Advertisement

Harianjogja.com, BALI — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya setelah menerima penganugerahan Global Citizen Awards yang diberikan oleh lembaga think tank Amerika Serikat (AS), Atlantic Council.

“Kehormatan luar biasa bagi saya atas penganugerahan Global Citizen Award ini dari Atlantic council. Tidak pernah terpikir di benak saya memperoleh penghargaan terhormat ini,” ujarnya di Sofitel Bali Nusa Dua, Minggu (13/11/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Jokowi mengaku selama memimpin Indonesia, dirinya hanya fokus untuk bekerja sebaik mungkin dengan tanggung jawab demi nilai-nilai kemanusiaan.

“Sebagai negara majemuk yang terdiri lebih dari 17.000 pulau, 1.340 suku bangsa dan 652 bahasa lokal, Indonesia mengajarkan nilai nilai toleransi, perdamaian dan kerja sama,” katanya.

BACA JUGA: Pesawat Delegasi KTT Presidensi G20 Parkir di YIA

Jokowi pun mengaku bahwa nilai toleransi tersebut diraihnya melalui pengalaman sejak memimpin di Solo hingga menjadi Presiden. “Sebagai pemimpin yang suka turun ke kampung, suka turun ke desa-desa dan ke pasar-pasar tradisional, saya tahu karena rakyat kecil mengajarkan kesederhanaan dan kerentanan  mereka terhadap tantangan-tantangan,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dirinya selalu berusaha menumpas kesulitan yang selalu dirasakan oleh masyarakat, khususnya yang ekonomi bawah atau keluarga miskin. 

“Saya selalu berusaha keras untuk memperjuangkan kepentingan rakyat kecil dan menyuarakan kepentingan negara-negara berpenghasilan rendah di berbagai forum,” katanya.

Presiden Jokowi melanjutkan bahwa ke depan, dunia tidak bisa dibangun dengan rivalitas dan keserakahan tetapi harus dibangun dengan toleransi dan kerja sama serta upaya saling menghormati yang saling menguntungkan. 

Jokowi mengaku hal ini yang ingin diwujudkan olehnya melalui forum Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dan KTT Asean pada 2023 mendatang.

“Presidensi Indonesia di G20 tahun ini dan keketuaan Indonesia di Asean tadi sudah diserahterimakan kepada saya dilandasi dengan semangat tersebut. Sekali lagi terima kasih atas penghargaan global citizen award kepada saya. Ini akan makin memotivasi saya dan pemerintah Indonesia untuk menjalankan tanggung jawab besar dan menjadi bagian dari solusi dunia,” ucap Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

STIKOM Yogyakarta Adakan Seminar and Creative Exhibition 2023 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Jogja
| Senin, 30 Januari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta Buka Hari Ini, Wajib Coba 3 Sajian Kuliner Ini

Wisata
| Senin, 30 Januari 2023, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement