Advertisement

Harapan Anies Baswedan Soal Ekonomi DKI Tumbuh 7% Pupus

Pernita Hestin Untari
Jum'at, 14 Oktober 2022 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Harapan Anies Baswedan Soal Ekonomi DKI Tumbuh 7% Pupus Anies Baswedan - Bisnis / Pernita Hestin Untari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berakhir pada 16 Oktober mendatang. Selama kepemimpinannya, pembangunan infrastruktur cukup menjadi sorotan.

Seperti halnya revitalisasi kawasan Kota Tua, revitalisasi Halte TransJakarta, integrasi transportasi, hingga pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Di bidang ekonomi, Anies Baswedan sempat sesumbar bahwa tahun 2022, ekonomi DKI Jakarta bisa berada di angka 7 persen. Pernyataan itu diungkapkan pada tahun 2018 lalu.

Namun demikian, harapan tidak bisa berjalan mulus. Dinamika politik maupun ekonomi baik tingkat lokal, nasional, regional hingga global memaksa Anies untuk gigit jari. Ekonomi DKI pada tahun ini diperkirakan hanya berada di kisaran 5 persen. Jauh dari harapan sebanyak 7 persen.

Kondisi Ekonomi 5 Tahun Terakhir

Anies memulai pemerintahan mewarisi kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Pada masa pemerintahan Ahok, ekonomi Jakarta mulai menunjukkan penurunan, kendati ada peningkatan pada tahun 2017.

Tren penurunan pertumbuhan ekonomi global pada kurun waktu 2012-2015 ikut memengaruhi laju PDRB DKI Jakarta.

Pada tahun 2012, misalnya, ekonomi Jakarta mampu tumbuh di angka 6,53 persen. Kontribusi terbesar perkonomian Jakarta adalah sektor perdagangan sebanyak 16,38 persen, konstruksi 13,8 persen, manufaktur 13,7 persen dan sektor keuangan dan asuransi sebanyak 10,4 persen.

Namun seiring melambatnya laju sektor perdagangan, ekonomi Jakarta berangsur melambat. Pada tahun 2013, pertumbuhan ekonomi Jakarta tercatat melambat menjadi 6 persen, tahun 2014 5,91 persen, 2015 sebanyak 5,89 persen dan tahun 2016 tersisa 5,85 persen.

Advertisement

ekonomi Anies

(Grafik pertumbuhan ekonomi DKI, sumber:BPS)

Pada tahun 2017, ekonomi Jakarta mampu tumbuh lebih tinggi. Tahun 2017 adalah pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta. Pelaksanaan Pilkada yang cukup ramai, namun penuh dengan kontroversi itu, menyingkirkan Ahok. Pemimpin Jakarta berganti Anies Baswedan. 

Advertisement

Pada tahun terkahir Ahok dan awal Anies memimpin DKI, ekonomi Jakarta tercatat mampu tumbuh di angka 6,2 persen. Sektor perdagangan masih mendominasi PDRB Jakarta dengan porsi 16,68 persen, disusul manufaktur 13,42 persen.

Namun pada tahun 2018, pertumbuhan ekonomi Jakarta kembali turun di angka 6,11 persen. Tren ini berlanjut pada tahun 2019 yang pertumbuhannya hanya di angka 5,82 persen.

Pandemi dan Pemulihan

Sementara itu, tahun 2020 adalah tahun yang penuh tantangan. Pandemi melanda dunia. Ekonomi amblas karena kebijakan pengetatan dilakukan di mana-mana. Tak terkecuali dengan Jakarta.

Jakarta tercatat beberapa kali menerapkan pembatasan sosial berskala besar alias PSBB yang kemudian Istilahnya berubah menjadi PPKM.

Advertisement

Pada tahun itu, mayoritas sumber utama pertumbuhan ekonomi Jakarta terkontraksi. Sektor perdagangan mengalami kontraksi menjadi minus 7 persen, manufaktur minus 10,34 persen, dan konstruksi minus 5,5 persen. Sektor komunikasi masih tumbuh. Pertumbuhannya bahkan mencapai 11 persen. 

Kendati demikian, pertumbuhan sektor komunikasi tidak mampu menyelematkan ekonomi Jakarta. Alhasil, ekonomi Jakarta pada waktu itu realisasinya minus 2,39 persen.

Tahun 2021 ekonomi Jakarta mulai pulih, meski pademi belum sepenuhnya usai. Aktivitas ekonomi yang semula minus kembali mengarah ke angka positif. 

Sektor perdagangan mampu tumbuh di angka 12 persen. Manufaktur tumbuh di angka 11 persen. Ekonomi Jakarta tumbuh di angka 3,56 persen. Pada tahun 2022, mobilitas di Jakarta mulai meningkat dan berdampak pada kinerja ekonomi pada kuartal 2/2022 yang mampu tumbuh di angka 5,59 persen.

Jika tidak aral melintang pada dua kuartal setelahnya dan laju pertumbuhan sesuai ekspektasi. Ekonomi Jakarta diramal akan pulih pada tahun terakhir Anies memimpin Jakarta.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Kenang Masa Taruna, Lulusan AAU 2002 Bantu Warga Berbah

Jogja
| Minggu, 27 November 2022, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement