Advertisement

Empat Negara Dukung Rusia Caplok Ukraina

Pernita Hestin Untari
Jum'at, 14 Oktober 2022 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Empat Negara Dukung Rusia Caplok Ukraina Duta Besar PBB mengheningkan cipta untuk Ukraina selama pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang resolusi mengenai tindakan Rusia terhadap Ukraina, di Markas Besar PBB di New York City, AS, 25 Februari 2022. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengutuk pencaplokan Rusia atas empat wilayah pendudukan Ukraina, tetapi ada empat negara justru memihak Rusia dalam pemungutan suara. 

Negara-negara tersebut adalah: Suriah, Korea Utara, Belarusia dan Nikaragua.

Advertisement

Melansir laman The Hill, Kamis (13/10/2022), dari 193 anggota badan PBB, 143 memilih untuk tidak mendukung wacana pencaplokan Rusia atas wilayah Ukraina dan 35 memilih abstain.

Moskow membuat langkah kontroversial mengadakan referendum yang dikendalikan Rusia dan mencaplok bagian Ukraina di tengah sejumlah kemunduran di medan perang, termasuk serangan balik dari Ukraina yang memaksa pasukan Rusia ke perbatasan di beberapa daerah.

Amerika Serikat (AS) dan sekutunya bekerja untuk mengumpulkan dukungan menjelang pemungutan suara resolusi, berharap untuk mendapatkan setidaknya 100 suara yang mendukung resolusi menentang pencaplokan Krimea oleh Rusia.

Jumlah yang mendukung, tidak lebih rendah dari suara awal tahun ini untuk mengutuk invasi, menunjukkan dukungan internasional untuk Ukraina tidak kehilangan pijakan karena konflik berlanjut hingga bulan kedelapan.

China, India, Afrika Selatan dan Pakistan termasuk di antara 35 yang abstain dari pemungutan suara pada 12 Oktober waktu setempat.

Presiden AS Joe Biden baru-baru ini melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri India dan Presiden Afrika Selatan, serta para pemimpin asing lainnya yang belum secara tegas mendukung Ukraina, dalam upaya untuk menopang sikap mereka terhadap Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement