Advertisement

Presiden Amerika Serikat Sebut Pandemi Covid-19 Sudah Berakhir

Aprianto Cahyo Nugroho
Senin, 19 September 2022 - 09:27 WIB
Budi Cahyana
Presiden Amerika Serikat Sebut Pandemi Covid-19 Sudah Berakhir Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menghadiri sebuah acara tentang memerangi kejahatan "ghost gun" atau senjata api rakitan tanpa nomor seri, di Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat, pada 11 April 2022. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut pandemi Covid-19 sudah berakhir.

Dilansir dari Bloomberg pada Senin (19/9/2022), ia menguraikan pandangan optimistis terhadap ekonomi AS ini dalam sebuah wawancara kurang dari dua bulan sebelum pemilihan paruh waktu di parlemen AS.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Biden mengatakan dalam wawancara di "60 Minutes" CBS yang disiarkan pada Minggu (18/9). Ia berharap ekonomi dapat mencapai soft landing karena Federal Reserve menaikkan suku bunga acuan untuk mendinginkan kenaikan harga.

“Saya katakan kepada warga Amerika bahwa kita akan mengendalikan inflasi,” kata Biden ketika ditanya indeks harga konsumen (IHK) akan terus menurun.

Sebelumnya, AS mencatat IHK naik 8,3 persen pada Agustus dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy), lebih tinggi dari estimasi banyak pihak.

Ia menambahkan, harga obat resep di akan jauh lebih rendah, biaya perawatan kesehatan juga jauh lebih rendah.

“Biaya dasar mereka untuk semua orang, harga energi akan lebih rendah. Warga akan berada dalam situasi di mana mereka mulai mendapatkan kendali lagi. Saya lebih optimis daripada sebelumnya,” lanjutnya.

Dia mencatat bahwa sejak inflasi mencapai 9,1 persen pada bulan Juni, angka tersebut belum melonja dan pertumbuhan harga bulanan cenderung lebih moderat. Dia juga menggembar-gemborkan pencapaiannya mengenai lapangan kerja.

Advertisement

“Tingkat pengangguran adalah 3,7 persen pada Agustus, salah satu yang terendah dalam sejarah," ujarnya.

Sebelumnya, pewawancara 60 Minutes Scott Pelley menemani Joe Biden ke Detroit Auto Show pekan lalu, di mana dia bertanya kepada presiden, "Apakah pandemi sudah berakhir?"

“Pandemi sudah berakhir. Kami masih memiliki masalah dengan Covid-19. Kami masih melakukan banyak pekerjaan untuk itu. Tapi pandemi sudah berakhir,” katanya.

Advertisement

Biden juga mengatakan bahwa AS akan menghindari resesi dengan terus memacu pertumbuhan ekonomi, seraya menegaskan bahwa kebijakannya telah menumbuhkan seluruh industri baru.

“Semua orang tampaknya dalam kondisi yang cukup baik," pungkasnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Jelang Natal, Harga Kebutuhan Pokok di Gunungkidul Mulai Naik

Gunungkidul
| Jum'at, 09 Desember 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement