Advertisement

Presiden Jokowi Minta Kecepatan Reformasi Birokrasi dari Azwar Anas

Jumali
Rabu, 07 September 2022 - 21:27 WIB
Jumali
Presiden Jokowi Minta Kecepatan Reformasi Birokrasi dari Azwar Anas Presiden Joko Widodo bersiap memberikan pernyataan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/7/2021). - ANTARA FOTO/Biro Pers Sekretariat Presiden

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo meminta agar Abdullah Azwar Anas dapat melakukan reformasi birokrasi dengan cepat setelah menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

"Sekali lagi PAN-RB. RB-nya Reformasi Birokrasi. Jadi digarap secara cepat sehingga birokrasi kita menjadi birokrasi yang melayani, birokrasi dengan kedisiplinan yang tinggi," kata Presiden Jokowi dikutip dari Antara, Rabu (7/9/2022).

Advertisement

Pada hari ini, Presiden Jokowi melantik Abdullah Azwar Anas menjadi MenPAN-RB sisa masa jabatan 2019-2024 menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden No. 91/B tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode tahun 2019-2024 tertanggal 7 September 2022.

"Beliau tidak usah diberi pesan-pesan, sudah mengerti apa yang harus dilakukan, sangat mengerti. Bukan mengerti (saja) tapi sangat ngerti," tambah Presiden.

Presiden Jokowi menilai Azwar Anas memiliki rekam jejak yang bagus saat menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Jawa Timur.

"Track record-nya jelas waktu memegang birokrasi di Banyuwangi. Banyak sekali yang saya lihat, saya melihat langsung ke sana, inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik, inovasi-inovasi di urusan KTP, perizinan, dan bisa dilakukan di pasar, di mal. Saya kira beliau termasuk yang pertama saat itu," tutur Presiden.

Abdullah Azwar Anas saat ini juga menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) sejak 13 Januari 2022.

Azwar Anas pernah menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode yaitu pada periode 2010-2015 ketika diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan periode 2016-2021 yang diusung PDI Perjuangan. Sebelumnya ia pernah menjadi anggota MPR dan DPR RI.

Ketika menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Azwar Anas dinilai berhasil mendorong pariwisata di kabupaten tersebut, termasuk dengan menyelenggara sejumlah kegiatan seperti Tour de Ijen, Banyuwangi Festival, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Banyuwangi Jazz Festival.

Banyuwangi pun meraih penghargaan "Innovation Goverment Award" sebagai Kabupaten Terinovatif di Indonesia sejak 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement