Advertisement

23.000 Warga Kota Jogja Bakal Terima Duit BLT Kenaikan BBM

Newswire
Senin, 05 September 2022 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
23.000 Warga Kota Jogja Bakal Terima Duit BLT Kenaikan BBM Ilustrasi bantuan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sekitar 23.000 keluarga penerima manfaat di Kota Jogja masuk daftar penerima bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) yang segera didistribusikan dengan skema yang diharapkan tidak menyulitkan warga untuk mencairkannya.

“Kami sedang berkoordinasi dengan Kantor Pos selaku institusi yang mengampu penyaluran bantuan. Harapannya, penyaluran dapat dilakukan tanpa menyulitkan warga untuk mengambilnya,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Maryustion Tonang di Jogja, Senin (5/9/2022).

Advertisement

Menurut Maryustion, data keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan menerima bantuan merupakan data dari pemerintah pusat atau data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) BBM, lanjut dia, sebenarnya sudah diawali di Kelurahan Ngupasan pada 3 September dengan total 50 penerima yang diterimakan langsung kepada warga secara "door to door".

BACA JUGA: Mahasiswa UNY yang Terlibat Kasus Dugaan Pelaku Kekerasan Ketahuan Ikuti Wisuda

“Penyaluran di Kelurahan Ngupasan adalah penanda dimulainya penyaluran BLT BBM di Kota Yogyakarta sekaligus uji coba distribusi bantuan. Sesegera mungkin menyusul untuk penerima lainnya,” kata dia.

Maryustion berharap BLT BBM dapat didistribusikan per kelurahan untuk memudahkan warga mengakses bantuan karena lokasi yang lebih dekat.

“Dengan demikian, bantuan bisa diserahkan secara cepat dan bisa mengurangi potensi kerumunan karena penyaluran didistribusikan dilakukan per wilayah,” katanya.

Setiap KPM akan menerima bantuan Rp300.000 untuk periode September dan bantuan periode kedua direncanakan disalurkan pada Desember sehingga total bantuan yang akan diterima oleh setiap KPM adalah Rp600.000.

Ia berharap penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan yang diterima tersebut secara bijak sesuai tujuan dari penyaluran bantuan karena kenaikan harga BBM.

“Saya kira, tidak akan ada kesulitan dalam penyaluran BLT BBM karena sebelumnya juga sudah dilakukan penyaluran bantuan sosial lain yang secara rutin juga diberikan kepada warga yang berhak,” katanya.

Ia memastikan bantuan sosial seperti program keluarga harapan dan bantuan pangan nontunai juga tetap disalurkan secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Netralitas ASN dalam Pilkada Sleman 2024 Bakal Diawasi Ketat

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement