Advertisement

PDIP Belum Berencana Bentuk Koalisi

Surya Dua Artha Simanjuntak
Senin, 22 Agustus 2022 - 09:07 WIB
Budi Cahyana
PDIP Belum Berencana Bentuk Koalisi Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto (kedua dari kiri) membuka acara Banteng and Night Run di Kota Medan Sumatra Utara, Sabtu (13/8), yang dilaksanakan sebagai lanjutan rangkaian perayaan HUT PDIP ke-49 dan Jelang HUT RI ke-77 pada tahun ini. - Dok. PDIP

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Sekretaris Jenderal PDI perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memberi sinyal kalau PDIP belum berencana membentuk koalisi dengan partai politik (parpol) lain dalam waktu dekat.

“Bagi PDIP, kami menginginkan kerja ke bawah dulu, semua meningkatkan kinerjanya bagi masyarakat,” ujar Hasto kepada awak media di pelataran Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (21/8/2022).

BACA JUGA: Hendak Terbitkan IPL Tol Jogja-YIA, Ini yang Jadi Pertimbangan Pemda DIY

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Hasto mengatakan PDIP menghormati pilihan parpol lain yang terlebih dahulu membentuk koalisi. Meski begitu, lanjutnya, PDIP tak akan tergesa-gesa karena masih banyak permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Menurutnya, PDIP ingin memastikan kestabilan menjelang tahun pesta demokrasi pada 2024. Dengan begitu, Pemilu 2024 dapat terlaksana dengan semangat optimisme.

“Sehingga Pemilu 2024 nanti dilaksanakan dalam suasana kegembiraan, dalam suasana keberhasilan pemerintahan,  tidak menghadapi berbagai ancaman, tekanan dunia internasionaal, tetapi dalam situasi di mana prestasi itu setinggi-tingginya,” jelas Hasto.

Dia juga mengklaim, saat nanti Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan koalisi, akan terjadi konsolidasi antarparpol, bukan perpecahan. Meski begitu, dia tak menjelaskan bagaimana caranya.

BACA JUGA: Warna-Warni Puluhan Layangan Warnai Langit Pantai Samas

Pernyataan senada disampaikan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Menurutnya, Pemilu 2024 masih lama, sehingga yang terpenting saat ini adalah kesatuan para parpol untuk membuat Indonesia lebih baik.

Advertisement

“Bagaimana kemudian partai politik itu mempunyai komitmen untuk bisa bersama membangun Indonesia lebih baik. Ada waktu bertanding dan ada waktunya bersanding,” jelasnya kepada awak media di pelataran Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (21/8/2022).

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kualitas Air Sungai di Jogja Semakin Buruk

Jogja
| Kamis, 29 September 2022, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement