Advertisement

5 Sayuran yang Paling Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Intan Riskina Ichsan
Senin, 01 Agustus 2022 - 03:27 WIB
Sirojul Khafid
5 Sayuran yang Paling Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes Bayam - bandt.com.au

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Perpaduan unik dari vitamin dan nutrisi bermanfaat terkandung dalam sayuran. Menggabungkan berbagai jenis sayuran yang berbeda sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Untuk urusan mengelola gula darah dalam tubuh, ada sayuran tertentu yang paling baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Meskipun tidak ada sayuran yang berdampak negatif terhadap gula darah Anda, sayuran yang tinggi serat, protein, dan vitamin spesifik lainnya akan sangat membantu menjaga gula darah Anda tetap terkendali.

Berikut lima sayuran terbaik dikonsumsi penderita diabetes untuk mengelola gula darahnya, dilansir dari Eat This Not That:

1. Brokoli

Serat adalah kunci dalam membantu Anda mengontrol kadar gula darah Anda. Serat tidak dicerna, yang berarti darah Anda tidak menyerapnya dengan cara yang sama dengan karbohidrat lainnya. Sayuran silangan seperti brokoli, kubis, dan kembang kol mengandung tinggi serat, rendah gula alami, dan sangat mengenyangkan. Serat bertindak sebagai prebiotik yang membantu bakteri baik di usus berkembang.

BACA JUGA: Temanggung Dapat Tambahan Dana bagi Hasil Cukai Tembakau Rp6 Miliar

2. Berbagai Macam Selada

Jika Anda mencari sayuran sehat dan mudah yang akan membantu Anda mengelola gula darah, membuat sendiri salad dengan beberapa campuran sayuran adalah pilihan yang bagus. Berbagai jenis sayuran mengandung nutrisi yang berbeda dan tinggi serat dan folat. Selada daun merah yang tinggi vitamin K merupakan vitamin penting untuk mengelola pembekuan darah. Vitamin K dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

3. Bayam

Sayuran hijau dikemas penuh nutrisi dan padat dengan vitamin. Bayam adalah salah satu sayuran berdaun hijau terbaik untuk mengelola kadar gula darah. Satu cangkir bayam mentah mengandung 7 kalori, 1 gram karbohidrat, 0,9 gram protein, dan 0,7 gram serat dan merupakan sumber vitamin A dan K yang sangat baik, dan sumber vitamin C, folat, dan mangan yang baik.

4. Terong

Makanan ungu tua yang merupakan sayuran padat nutrisi ini bisa menjadi makanan sampingan yang ramah gula darah. Setengah cangkir terong matang mengandung sekitar 18 kalori, 4,3 gram karbohidrat, 0,4 gram protein, dan 1,25 gram serat. Serat dan protein akan memperlambat seberapa cepat karbohidrat itu akan diserap dalam darah Anda, yang membantu menjaga gula darah.

BACA JUGA: Jatuh Menghantam Bumi, Roket China Terbakar di Samudra Hindia

5. Kembang Kol

Kembang kol bisa menjadi tambahan yang bagus untuk makanan Anda untuk membantu menjaga kadar glukosa darah. Kembang kol juga merupakan sumber antioksidan vitamin A dan sumber vitamin K yang sangat baik. Selain rendah karbohidrat, kembang kol juga penuh dengan antioksidan fitonutrien sulforaphanes, glukosinolat, dan tiosinat, yang telah terbukti membantu melindungi terhadap kanker.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Streaming Starjoja FM
alt

Tingkatkan Kompetensi, Hotel Harper Malioboro Yogyakarta Berikan Pelatihan Kepada Siswa Siswi SMKN 1 Saptosari

Jogja
| Rabu, 10 Agustus 2022, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Dulu Dipenuhi Perdu Liar, Kini Pantai Goa Cemara Jadi Primadona Baru Wisata di Bantul

Wisata
| Senin, 08 Agustus 2022, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement