Advertisement

Moskow Rebut Sejumlah Kota, Pelabuhan Odesa Diserang Rudal

John Andhi Oktaveri
Selasa, 21 Juni 2022 - 08:27 WIB
Sirojul Khafid
Moskow Rebut Sejumlah Kota, Pelabuhan Odesa Diserang Rudal Seorang penyelamat berada di sebuah gudang barang yang hancur akibat serangan, di tengah invasi Rusia di Ukraina, di Sievierodonetsk, Ukraina, 21 Maret 2022. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPerang antara Rusia dan Ukraina masih terus berlanjut. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy bahkan memperkirakan Moskow akan meningkatkan serangan menjelang pertemuan puncak para pemimpin Uni Eropa (UE) untuk menerima Kiev bergabung dengan organisasi itu.

Kelompok separatis dukungan Moskow mengklaim telah merebut Toshkivka, sebuah kota di tepi barat sungai Siverskyi, Donetsk yang sebagian besar dikuasai Ukraina. Begitu juga dengan Sievierodonetsk di selatan yang telah menjadi kota medan perang utama dalam beberapa pekan terakhir.

Advertisement

Ukraina mengakui bahwa Moskow sukses di Toshkivka dan mengatakan bahwa negara itu berusaha untuk mendapatkan pijakan di sana untuk membuat terobosan ke wilayah Donbas timur yang lebih luas yang dikuasai Ukraina. Ukraina juga mengkonfirmasi klaim Rusia telah merebut pinggiran timur Sievierodonetsk.

BACA JUGA: Gegara Meme Stupa Borobudur, Perwakilan Umat Buddha Laporkan Roy Suryo ke Bareskrim

"Jelas, minggu ini kita harus mengakui Rusia terus meningkatkan kegiatan permusuhannya," kata Zelenskyy dalam pidato video Minggu (19/6/2022) malam.

Militer Ukraina juga menyebut, pelabuhan Laut Hitam terbesar Ukraina dan sebuah gudang makanan dihancurkan dalam serangan rudal Rusia pada hari Senin (20/6/2022). Akan tetapi tidak ada warga sipil yang dilaporkan tewas ssperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Selasa (21/6/2022)..

Kota itu telah dibombardir secara sporadis sejak awal perang dan diblokade oleh angkatan laut Rusia, sedangkan masing-masing pihak saling menuduh meletakkan ranjau di laut.

Komando Operasi "Selatan" mengatakan pasukan Rusia menembakkan 14 rudal ke Ukraina selatan selama rentetan tiga jam. Akan tetapi militer Rusia tidak mengomentari laporan tersebut.

BACA JUGA: Urus Paspor Lebih Mudah dan Cepat Menggunakan M-Paspor

Pemimpin Krimea yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada 2014, mengatakan Kiev telah menyerang anjungan pengeboran Laut Hitam milik perusahaan minyak Krimea. Sebanyak tiga orang terluka, dan pencarian sedang dilakukan untuk tujuh pekerja, katanya di aplikasi Telegram.

Sementara itu, para pemimpin Uni Eropa akan memberikan restu kepada Ukraina untuk menjadi kandidat resmi untuk bergabung pada pertemuan puncak pada hari Kamis dan Jumat. Keputusan itu menandai kemenangan dukungan untuk Kiev.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Takjil Tradisional di Pasar Ramadan Kauman Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:12 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement