Advertisement

Desa Asal Pesepakbola Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi di Magelang Jadi Kampung Bola

Nina Atmasari
Selasa, 24 Mei 2022 - 22:27 WIB
Nina Atmasari
Desa Asal Pesepakbola Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi di Magelang Jadi Kampung Bola Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi meresmikan Tugu Bola di Kampung Pancuranmas, Kecamatan Secang yang menjadi Kampung Bola, Selasa (24/5/2022). - Ist/Dok Prokompim Pemkab Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Pemerintah Kabupaten Magelang memberikan apresiasi kepada Kampung Pancuranmas, Kecamatan Secang yang menjadi Kampung Bola.

Penetapan ini mendasarkan alasan karena kampung tersebut adalah asal dua pesepakbola nasional, Bagas Kaffa dan Bagus Kahfi. Keduanya adalah saudara kembar yang menjadi pemain inti Timnas Indonesia U-16 dan sukses meraih gelar juara di Piala AFF U-16 2018.

Advertisement

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menyampaikan apresiasi kepada Desa Pancuranmas atas lahirnya Kampung Bola di desa tersebut. Di kampung tersebut didirikan sebuah Tugu Bola.

"Semoga ke depan anak-anak Desa Pancuranmas dapat mengharumkan nama Kabupaten Magelang seperti Bagas dan Bagus Kahfi," ungkap dalam peresmian Kampung Pancasila dan Tugu Bola di Desa Pancuranmas, Kecamatan Secang, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Kental Nuansa Indische, Begini Wajah Baru Pasar Beringharjo

Adi Waryanto juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Kodim 0705/Magelang yang telah menginisiasi menggagas serta melaksanakan pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pancuranmas ini.

"Kami sangat menyambut baik serta siap mendukung keberadaan Kampung Pancasila ini, karena keberadaan Kampung Pancasila sangat bernilai strategis dalam upaya memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga yang multi kultur, multi etnik dan multi agama," ucap Adi Waryanto.

Menurutnya, wilayah Kabupaten Magelang ini adalah daerah besar dengan bermacam-macam agama, tradisi dan adat istiadat.
Sehingga harus perlu dipertahankan bahkan lebih diperkuat lagi.

Keberadaan Kampung Pancasila ini diharapkan dapat menciptakan suatu media pembelajaran nilai-nilai luhur Pancasila, menumbuhkan kerukunan meski beragam agama, budaya dan bahasa. Selain itu untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dan memberikan pemahaman warga negara dalam menerapkan sila-sila Pancasila.

Advertisement

Baca juga: Kiper PSS Sleman, Ega Rizky Ingin Cepat Sembuh Sebelum Kompetisi

"Kami berharap dengan pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pancuranmas ini masyarakat bisa lebih paham tentang Pancasila, sehingga berkeinginan kuat menjaga persatuan dan kesatuan serta mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi menuturkan bahwa, bangsa Indonesia tidak bisa terlepas dari Pancasila, karena dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia sendiri mustahil kemerdekaan akan tercapai apabila tidak menerapkan nilai-nilai Luhur yang terkandung dalam Pancasila.

Advertisement

Semangat gotong-royong dari warga Pancuranmas inilah yang membuktikan bahwa nilai-nilai luhur Pancasila masih tetap lestari, masih tetap dipertahankan dan tetap dilaksanakan oleh warganya.

"Saya yakin, diawali dengan penerapan nilai luhur Pancasila, Merah Putih akan berkibar tinggi ke dunia Internasional melalui sepak bola nanti salah satunya. Saya dukung dan saya ucapkan terimakasih kepada Bagas Bagus yang sudah luar bisa sebagai atlet sepak bola yang mengharumkan nama Indonesia melalui Sepak Bola," kata Rohmadi.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Mantap, Ratusan Produk UMKM DIY Kini Sudah Masuk Hotel Berbintang

Jogja
| Senin, 27 Juni 2022, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement