Advertisement

Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Mohamed bin Zayed Jadi Presiden UEA Gantikan Sheikh Khalifa

Akbar Evandio
Sabtu, 14 Mei 2022 - 20:27 WIB
Budi Cahyana
Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Mohamed bin Zayed Jadi Presiden UEA Gantikan Sheikh Khalifa Pangeran Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota Uni Emirat Arab. - emirates247.com/WAM

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Putra Mahkota Abu Dhabi Pangeran Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) menjabat sebagai Presiden Uni Emirat Arab (UEA). Dia menggantikan kakaknya, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, yang meninggal dunia pada Jumat (13/5/2022).

Dikutip melalui laman Al Jazeera, Kantor Berita Pemerintah WAM mengumumkan bahwa Dewan Tertinggi Federal Uni Emirat Arab (UEA) memilih Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan sebagai presiden ketiga dari Negara tersebut.

"Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan dipilih oleh Dewan Tertinggi Federal," kata kantor berita WAM yang dikelola negara seperti dikutip dari Al Jazeera, dikutip Sabtu (14/5/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Terpilihnya putra mahkota tersebut pada hari Sabtu (14/5) terjadi setelah wafatnya Presiden UEA Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

Sheikh Mohamed bin Zayed disebut telah bertemu dengan para anggota Dewan Tertinggi Federal, yang terdiri dari penguasa tujuh emirat UEA, saat negara itu memasuki masa berkabung untuk saudara tirinya Sheikh Khalifa.

Selama 40 hari ke depan, Uni Emirat Arab akan berada dalam masa berkabung nasional. Bendera akan dikibarkan setengah tiang.

Pada masa berkabung ini, sektor pemerintah dan dunia usaha menyetop layanan selama 3 hari. Negara tetangga Oman dan Bahrain juga menyatakan masa berkabung selama 3 hari atas meninggalnya Sheikh Khalifa.

Terpilihnya MBZ meresmikan posisinya sebagai pemimpin dari penguasa negara kaya minyak yang didirikan oleh ayahnya pada tahun 1971 setelah bertahun-tahun dianggap sebagai pemimpin de facto Abu Dhabi sejak Sheikh Khalifa kena stroke pada 2014.

Sheikh Khalifa meninggal pada Jumat (13/5/2022) pada usia 73 tahun. Dia dikenal karena kebijakan modernisasinya yang mengubah negaranya menjadi salah satu kekuatan regional.

Advertisement

Dewan Tertinggi Federal UEA mengadakan pertemuan pada Sabtu (14/5/2022) di Istana al-Mushrif di Abu Dhabi yang dipimpin oleh Penguasa Dubai Sheikh Mohammed.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh kepala tujuh emirat yaitu Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan; Dr Sheikh Sultan bin Muhammad Al Qasimi sebagai Penguasa Sharjah; Sheikh Humaid bin Rashid Al Nuaimi sebagai Penguasa Ajman.

Tidak hanya itu, Penguasa Fujairah Sheikh Hamad bin Mohammed Al Sharqi; Penguasa Umm Al Qaiwain Sheikh Saud bin Rashid Al Mu'alla; dan Penguasa Ras Al Khaimah Sheikh Saud bin Saqr Al Qasimi turut hadir dalam pertemuan itu.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Baru Kenalan dengan Pacar lewat Aplikasi Jodoh, Gadis di Bantul Kehilangan Motor

Bantul
| Selasa, 04 Oktober 2022, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement