Advertisement

Dokter: Segera Bawa Anak ke RS saat Bergejala Hepatitis Misterius!

Akbar Evandio
Kamis, 05 Mei 2022 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dokter: Segera Bawa Anak ke RS saat Bergejala Hepatitis Misterius! Ilustrasi seorang anak dirawat akibat hepatitis akut misterius - WHO

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Hepatitis akut yang sudah masuk ke Indonesia membuat para orang tua ketar-ketir. Dokter spesialis anak Hanifah Oswari mengimbau agar orang tua lebih peka terhadap kondisi kesehatan anaknya dari gejala penyakit misterius itu.

Dia pun mengimbau agar segera membawa anak ke fasilitas kesehatan atau Rumah Sakit (RS), apabila anak mengalami sakit pencernaan atau gejala lainnya.

Advertisement

"Jangan menunggu sampai gejala kuning lebih berat. Karena kalau gejalanya lebih berat, hilang momentum menolong lebih cepat," katanya lewat konferensi pers di Youtube Kementerian Kesehatan RI, Kamis (5/5/2022).

Hanifah melanjutkan terdapat kunci utama untuk meminimalisir dampak dari hepatitis misterius yang tengah melanda, yaitu orang tua meningkatkan kewaspadaan bahwa ada penyakit berbahaya yang mengintai anaknya.

"Diharapkan anak-anak kita tidak sampai dalam kondisi berat untuk memberi ruang pada dokter menolong lebih banyak," ujarnya.

Baca juga: Hepatitis Akut Misterius Masuk Indonesia, Ini Gejalanya...

Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) itu juga menyebut gejala awalnya berupa gangguan saluran pencernaan. Misalnya, diare, muntah, mual, hingga demam ringan.

"Orang tua harus sudah memikirkan ada kemungkinan ke arah hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya," katanya.

Menurut Hanifah, sinergi orang tua dan kesigapan tenaga kesehatan di puskesmas serta rumah sakit sangat penting. Supaya mereka bisa menemukan gejala dini dan memberi pertolongan sedini mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dinkes Bantul Klaim Program Wolbachia Efektif Tekan Kasus Demam Berdarah

Bantul
| Jum'at, 01 Maret 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement