Advertisement

Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI) Ternyata Organisasi Dokter Sunardi yang Ditembak Densus 88

Aprianus Doni Tolok
Jum'at, 11 Maret 2022 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI) Ternyata Organisasi Dokter Sunardi yang Ditembak Densus 88 Tangkapan layar ungkapan duka atas meninggalnya dokter Sunardi yang ditembak Tim Densus 88 Antiteror Polri. - Twitter @ProfesorZubairi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menembak mati Sunardi, tersangka dugaan tindak pidana terorisme yang berprofesi sebagai dokter.

Selain dokter, Sunardi disebut sebagai Pendiri Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI).

Advertisement

Lalu, apa itu HASI?

Beberapa sumber menyebut, Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI) merupakan organisasi yang terkait dengan Al-Qaida. HASI juga disebut sayap organisasi Jemaah Islamiyah (JI).

Polri sendiri pernah menyebut HASI sebagai salah satu organisasi terduga terorisme. Dalam rilis resmi bertajuk Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris dengan Nomor: DTTOT/P-2a/ 931 /V/2016, Polri menyebut Angga Dimas Pershada dan Bambang Sukirno sebagai terduga teroris dengan atribusi Pendiri HASI, selain beberapa nama lain yang diduga terafiliasi dengan HASI.

Sementara itu, JI yang disebut memiliki hubungan dengan HASI merupakan organisasi militan Islam ini sudah sejak lama dituding berada di balik serangkaian teror di Indonesia.

BACA JUGA: Tak Semua Wisata Lereng Merapi Ditutup, Sejumlah Objek Wisata Ini Tetap Dibuka  

Pada Desember 2000, Jamaah Islamiyah (JI) bertanggung jawab atas serangkaian teror bom gereja di Indonesia yang menewaskan belasan orang.

Hingga beberapa tahun berselang, JI melakukan pengeboman yang dikenal dengan sebutan Bom Bali 1 dan Bom Bali 2 menewaskan ratusan orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement