Advertisement

Tol Jogja Solo Lewati Sesar Opak Pemicu Gempa Besar Jogja, Ini Antisipasi Pengembang

Ponco Suseno
Rabu, 16 Februari 2022 - 19:22 WIB
Budi Cahyana
Tol Jogja Solo Lewati Sesar Opak Pemicu Gempa Besar Jogja, Ini Antisipasi Pengembang Ilustrasi jalan tol - Antara/Rivan Awal Lingga

Advertisement

Harianjogja.com, KLATENTol Jogja Solo melewati wilayah Klaten yang berada di Sesar Opak, pemicu gempa besar di Jogja dan Jawa Tengah pada 2006. Perusahaan yang membangun tol menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kemungkinan pergerakan Sesar Opak.

PT Jogja Solo Marga Makmur (JMM), pengembang Tol Jogja Solo menegaskan sudah mengantisipasi potensi Sesar Opak yang dapat memicu gempa di jalur Tol Solo Jogja di masa mendatang. Berbekal penguatan konstruksi, Tol Jogja Solo diharapkan bisa menahan terjadinya potensi gempa.

BACA JUGA: Harga Tanah di Sekitar Proyek Tol Jogja Naik Drastis, Kini Rp3 Juta per Meter

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Demikian penjelasan Direktur Teknik PT JMM, Pristi Wahyono, saat ditemui wartawan di kompleks Setda Klaten, Rabu (16/2/2022).

Sebagian jalur Tol Jogja Solo berlokasi di Sesar Opak. Sesar Opak adalah patahan aktif yang membentang di Klaten dan DIY. Sesar ini bergerak aktif sehingga sering kali mengakibatkan terjadinya gempa yang mengguncang Jogja. Pada 27 Mei 2006, pergerakan  Sesar Opak memicu gempa bumi dahsyat di Jogja (DIY) dan Jawa Tengah.

Dampak gempa terparah ada di Bantul dan Klaten. Sebanyak 4.993 orang meninggal dunia, luka-luka 36.000 orang. Sementara, bangunan yang rusak mencapai ratusan ribu

“Itu sudah menjadi kajian. Di Jogja dan sekitarnya, frekuensi terjadi gempa sangat tinggi. Analisa teknis memang akan terjadi potensi sesar beberapa tahun kemudian. Sesar Merapi atau Sesar Mataram atau Sesar Opak ini harus disiasati. Konstruksi tol harus mengakomodasi hal itu. Anggaran mungkin bertambah tapi tidak signifikan,” kata Pristi Wahyono.

“Terkait sesar Opak, secara teknis sudah [diatasi]. Sejauh ini, tak ada masalah serius,” kata Bupati Klaten, Sri Mulyani.

BACA JUGA: Dua Situs Cagar Budaya Ada di Jalur Tol Jogja Solo, Bagaimana Nasibnya?

Advertisement

Hal senada dijelaskan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono. Dia mengharapkan proyek Tol Jogja Solo lancar dan masyarakat terdampak tak dirugikan dari pembangunan jalan tol.

“Teknis konstruksi harus kuat [untuk mengatasi Sesar Opak]. Yang awalnya jembatan bisa berupa boks culvert," katanya.

 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

134 Orang Meninggal Dunia di Bantul Sepanjang Tahun Ini karena Kecelakaan Lalu Lintas

Bantul
| Rabu, 05 Oktober 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement