Advertisement

Penggeseran Rest Area Tol Jogja Solo Dipastikan Batal

Ponco Suseno
Rabu, 16 Februari 2022 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Penggeseran Rest Area Tol Jogja Solo Dipastikan Batal Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Rencana penggeseran rest area Tol Jogja Solo di Jagalan-Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Klaten, dipastikan batal, Rabu (16/2/2022) siang.

Pelaksana pembangunan Tol Jogja tetap membangun dua rest area di Klaten, satu di antaranya berada di Jagalan-Demakijo.

Advertisement

BACA JUGA: Dua Situs Cagar Budaya Ada di Jalur Tol Jogja Solo, Bagaimana Nasibnya?

Kepastian batalnya penggeseran rest area Tol Jogja Solo menyusul adanya pertemuan Bupati Klaten, Sri Mulyani beserta jajarannya dengan perwakilan PT JogjaSolo Marga Makmur (JMM), perusahaan pengembang Tol Jogja Solo di ruang rapat B2 kompleks Setda Klaten, Rabu (16/2/2022). PT JMM diwakili Direktur Teknik Pristi Wahyono.

Pelaksana pembangunan Tol Jogja Solo sempat berencana menggeser rest area di Jagalan-Demakijo, Kecamatan Karangnongko. Penyebabnya, lahan yang akan dibangun rest area terdapat saluran irigasi dan mata air. Sedianya, tim pelaksana mengusulkan rest area Jagalan-Demakijo digeser ke Manjungan, Kecamatan Ngawen sehingga di lokasi itu akan ada dua rest area.

Tol Jogja Solo di Klaten bakal punya tiga exit toll. Masing-masing berada di Karanganom di Kuncen (Kecamatan Ceper); di Desa Ngawen, Kecamatan Ngawen; dan di Jogonalan. Selain exit toll, Klaten juga punya dua rest area, yakni di Manjungan (Ngawen) dan Demakijo-Jagalan (Karangnongko).

"Ternyata, pembangunan rest area di Jagalan-Demakijo, Kecamatan Karangnongko bisa disiasati. Soal adanya saluran irigasi dan lainnya sudah ada solusi. Rest area di lokasi itu sesuai dengan desain awal [tidak bergeser]. Pertimbangan dari bupati juga untuk pemerataan peluang ekonomi dengan adanya dua rest area. Bagi kami, itu pertimbangan yang bijaksana dari bupati," kata Direktur Teknik PT JMM, Pristi Wahyono, saat ditemui wartawan di kompleks Setda Klaten, Rabu (16/2/2022).

BACA JUGA: Lokasi Rest Area Tol Jogja-Solo Bergeser

Pristi Wahyono mengatakan PT JMM selalu membuka komunikasi dengan berbagai pihak terakait. Hal itu seperti dengan Pemkab Klaten.

"Hari ini lebih ke paparan akhir [di bidang teknis]. Kami sudah mengakomodir kepentingan stakeholder," katanya.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengatakan solusi teknis dalam pembangunan di rest area Tol Jogja Solo Jagalan-Demakijo, Kecamatan Karangnongko sama sekali tak mengganggu fungsi lingkungan. Dengan demikian, mata air dan saluran irigasi masih berfungsi dengan baik.

"Sudah deal, rest area di Jagalan-Demakijo, Kecamatan Karangnongko," katanya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan pembangunan Tol Jogja Solo harus memberikan dampak positif. Hal itu termasuk pembangunan rest area di Jagalan-Demakijo, Kecamatan Karangnongko.

BACA JUGA: Dokumen Pengadaan Tanah Tol Jogja YIA Segera Diserahkan ke Pemda DIY

"Tadi rest area juga dibahas. Saya mohon ke pelaksana untuk pemerataan [rest area tidak berada di satu lokasi]," katanya.

Sri Mulyani mengatakan pembebasan lahan Tol Jogja Solo masih berlangsung dihingga sekarang. Kegiatan tersebut ditarget bakal rampung hingga akhir tahun 2022.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Lengkap KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement